Petani Tua Ajak Generasi Milenial Turun Langsung Bangun Sektor Pertanian di Trenggalek

Ilustrasi - Petani bekerja di sawah.(Antara)

Editor: M Kautsar - Rabu, 1 Desember 2021 | 15:20 WIB

Sariagri - Nur Herdianto, seorang petani lanjut usia di Desa Buluagung, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek mengajak para milenial untuk bergerak bersama membangun sektor pertanian Indonesia. Khususnya areal lahan tanam yang ada di Provinsi Jawa Timur. Baginya, pertanian adalah tiang ekonomi sekaligus sokoguru bagi kehidupan masyarakat.

"Saya petani yang mengharapkan petani muda ikut bergerak dalam membangun pertanian. Sebab pertanian merupakan sokoguru untuk ketahanan pangan di Indonesia," ujar Herdianto, melalui keterangan tertulis, Rabu (1/12).

Menurut Herdianto, kehadiran petani muda sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses tanam dan panen dengan memanfaatkan kecanggihan alat mesin pertanian (alsintan). Apalagi saat ini jumlah petani di daerahnya terus berkurang karena sebagian besar sudah berusia lanjut.

"Sekarang ini banyak petani yang usianya sudah usia lanjut yang kita inginkan itu yang milenial itu untuk juga bisa merapat jadi petani," katanya.

Herdianto menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang sukses membangun Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Kabupaten Trenggalek. Dia berharap, adanya bendungan mampu mengairi dataran pesawahan yang ada di kampungnya.

"Jadi nantinya para petani itu bisa meningkatkan kesejahteraannya. Saya harapkan nanti yang biasanya menanam padi-padi palawija bisa meningkat menjadi empat kali: padi, padi, padi, dan palawija," katanya.

Merespon ajakan itu, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa pemerintah akan terus memperkuat posisi petani dengan mekanisasi dan teknologi. Secara khusus, Kementan akan menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo terhadap sektor pertanian di Kabupaten Trenggalek.

"Kita tentu terus upayakan yang terbaik bagi para petani kita. Mekanisasi pra panen dan pasca panen kita perkuat, agar produksi pangan nasional optimal, dan kesejahteraan petani meningkat," katanya.

Baca Juga: Petani Tua Ajak Generasi Milenial Turun Langsung Bangun Sektor Pertanian di Trenggalek
Kepala Daerah Dukung Inisiasi Kementan untuk Pacu Semangat Kerja di Sektor Pertanian

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan olah tanah dan penanaman padi di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Di sana, Jokowi mengapresiasi kinerja sektor pertanian Indonesia selama beberapa tahun terakhir yang terbukti mampu memenuhi kebutuhan pangannya sendiri tanpa harus melakukan impor.

"Kenyataannya stok kita masih pada posisi yang sangat baik. Dan kita tahu bahwa tahun ini tahun 2021 kita belum melakukan impor beras sama sekali," tutupnya.

Video Terkait