Dengarkan Cerita Panen, Mentan Berdialog dengan Petani di Kabupaten Karawang

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo .(Kementan)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 14 November 2021 | 15:00 WIB

Sariagri - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan dialog langsung dengan sejumlah petani di Desa Gombongsari, Kecamatan Rawamerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Di sana, Mentan mendengarkan cerita aktivitas sehari-hari petani selama masa panen saat pandemi.

Sakum (53), petani desa setempat mengaku senang dengan perhatian Kementan, terutama dalam menyediakan benih unggul dan bantuan alsintan yang membuat panen naik dua kali lipat.

Menurut Sakum didampingi istrinya, Minah (52) pada 13 November 2021, sejauh ini baru Mentan Syahrul yang turun langsung bertemu dan berdialog dengan petani di Karawang. Sebelumnya hanya pejabat daerah yang memberikan bantuan.

"Saya kaget juga karena baru pertama kali dalam hidup saya bertemu dengan sosok Menteri yang diutus Jokowi," katanya.

Sakum mengatakan dirinya mendapatkan pesan khusus dari Mentan Syahrul. Pesan itu berisi doa agar dirinya dan petani lainnya tetap bahagia serta dalam keadaan sehat sentosa. Petani juga diharapkan menjadi garda terdepan dalam meningkatkan produktivitas menjadi tiga kali lipat setahun.

"Saya diberi nasehat dan semangat. Hari ini saya benar-benar senang. Dan saya doakan Pak Menteri juga sehat," katanya.

Pantauan di lokasi, Mentan juga sempat menjajal memanen padi dengan arit dan combain harvester. Kepada wartawan, Mentan mengaku senang karena petani dan pemerintah terus berkolaborasi mewujudkan kedaulatan pangan.

"Alhamdulillah. Hari ini saya senang karena petani dalam keadaan sehat, sehingga mereka bisa menyediakan kebutuhan pangan," katanya.

Sebelumnya Mentan mendorong Kabupaten Karawang menjadi model pertanian modern yang bisa tiga kali panen dalam semusim. Menurut Mentan, hal itu bisa terjadi karena Karawang merupakan wilayah subur dan terbukti menjadi lumbung pangan nasional.

"Kita harus bisa membuat negeri ini panen tiga kali. Kita rumuskan yuk. Dan saya mau Kecamatan Rawamerta di Karawang ini menjadi contohnya pertanian hebat di Jawa Barat," katanya.

Baca Juga: Dengarkan Cerita Panen, Mentan Berdialog dengan Petani di Kabupaten Karawang
Cara Budi Daya Porang bagi Pemula Agar Dapatkan Hasil Maksimal

Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Hanafi Chaniago mengatakan dukungan Mentan sangat besar sehingga Karawang mampu mempertahankan statusnya sebagai lumbung pangan nasional.

"Alhamdulillah Karawang bisa kita pertahankan sebagai lumbung pangan Jawa Barat karena kita ada di posisi kedua setelah Indramayu. Dan untuk memberikan intensif kepada petani, kita sudah membuat perda No 13 tahun 2017 tentang perlindungan petani. Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih atas bantuan kementan yang pada tahun ini sudah mencapai 11 miliar dalam bentuk alsintan, benih dan pupuk," katanya. 

Video terkait: