Sebut Sektor Pertanian Menjanjikan, Mentan Ajak Generasi Muda Bertani

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. (Kementan)

Editor: Arif Sodhiq - Minggu, 10 Oktober 2021 | 15:00 WIB

Sariagri - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian. Menurut dia, sektor pertanian merupakan lapangan pekerjaan yang menjanjikan. 

"Sektor pertanian itu adalah lapangan kerja yang menjanjikan, selama ada kemauan yang serius untuk menggarap sumber daya alam yang kita miliki,” ujarnya. 

Kehadiran petani muda, lanjut Mentan,  sangat diperlukan untuk pembangunan dan peningkatan produktivitas pertanian Indonesia. Dia mengatakan, di negara maju, pertanian tetap menjadi sektor penting dan krusial. Bahkan para pelaku sektor pertanian memiliki peran penting di negara itu.. 

"Di negara-negara seperti Jepang dan Korea, orang-orang yang hebat adalah petani. Bahkan di Amerika Serikat, orang-orang yang bisa menjadi pemimpin adalah mereka yang memiliki lahan pertanian yang luas,” paparnya. 

Mentan menjelaskan di Indonesia sektor pertanian terbukti menjadi salah satu sektor yang berdaya tahan selama masa pandemi. Ini terlihat dari data BPS pada masa awal pandemi di kuartal II-2020, sektor pertanian tumbuh 16,24 persen yang menjadi penyumbang tertinggi pertumbuhan ekonomi nasional. 

"Kebutuhan pangan akan selalu penting dan tidak terpengaruh oleh pandemi, sebab ada atau tidak ada COVID-19, manusia akan tetap butuh makanan," katanya.

Syahrul berharap, anak muda Indonesia yang ingin terjun ke sektor pertanian bisa meninggalkan pemikiran lama bahwa bertani adalah kegiatan kotor dan tradisional. Dia menginginkan petani muda bisa membangun sikap dan perilaku baru dalam bertani. 

Karena itu, pelatihan yang selama ini dilakukan Kementan diharapkan bisa menghasilkan petani muda agresif dan memiliki kemampuan profesional di bidang pertanian. 

"Saya minta kita semua bisa meninggalkan pola-pola lama dalam bertani, termasuk bahwa petani itu adalah buruh. Petani tidak lagi underdog, tapi merupakan pekerjaan yang profesional," tandasnya, , Sabtu (9/10/2021). 

Baca Juga: Sebut Sektor Pertanian Menjanjikan, Mentan Ajak Generasi Muda Bertani
Bebas Serangga, Ini Tips Menyimpan Produk Pertanian dengan Aman

Dia meminta petani muda terus berinovasi serta menerapkan teknologi dan sistem usaha tani yang benar. sehingga tidak hanya menghasilkan produk berkualitas, tetapi juga mendorong pengembangan sektor pertanian di Indonesia. 

"Sebagai anak muda harus mampu melakukan itu. Tumbuhkan jiwa yang kuat dalam membangun pertanian sehingga memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia," pungkasnya. 

Video terkait:

Video Terkait