Bebas Serangga, Ini Tips Menyimpan Produk Pertanian dengan Aman

Ilustrasi karung berisi biji-bijian. (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 8 Oktober 2021 | 17:20 WIB

Sariagri - Pascapanen merupakan salah satu tantangan utama bagi sektor pertanian di Indonesia. Bahkan, kerugian pascapanen dapat mencapai 20-50 persen dari total hasil panen.

Guna mencegah hal tersebut terjadi, penyimpanan hermetik dinilai efektif, aman dan ramah lingkungan untuk melindungi biji-bijian dalam penyimpanan. Dalam teknologi ini, bahan pangan disimpan dalam ruang kedap udara dan tanpa ada uap air.

Dilansir dari laman Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, kondisi hermetik dapat dibuat dengan menyimpan bahan pangan dalam wadah yang kedap dan ditutup rapat. Jenis bahannya dapat bervariasi selama memiliki sifat kedap, contohnya adalah plastik kedap udara dan uap air. Wadah penyimpanan kemudian ditutup menggunakan lilin atau silikon untuk menjamin udara benar-benar tidak dapat masuk.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Rachmat dan kawan dan kawan-kawan dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, penggunaan plastik hermetik pada beras pecah kulit menunjukan terjadi penurunan kadar oksigen penyimpanan selama 8 bulan, yaitu dari 21 persen menjadi 8-10 persen. Kondisi itu berarti populasi serangga hidup lebih sedikit dibandingkan dengan kemasan lainnya.

Sementara dalam penelitian yang dilakukan oleh Sutrisno dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Padi (BB Padi), diketahui bahwa penggunaan plastik super bag (memiliki sifat hermetik) dapat melindungi beras dari serangan hama sampai tiga bulan penyimpanan. Bahkan, tidak ditemukan serangga di dalam kemasan beras aromatik mentik wangi.

Efek perlindungan terjadi karena kondisi hermetik menghasilkan penurunan oksigen dan peningkatan karbondioksida selama penyimpanan. Kondisi itu dapat menekan pertumbuhan dan membunuh serangga hama dan cendawan pascapanen yang menyerang biji-bijian selama penyimpanan.

Baca Juga: Bebas Serangga, Ini Tips Menyimpan Produk Pertanian dengan Aman
Diperkirakan Kehilangan Dua Pertiga Tanah Suburnya pada Tahun 2030, Negara-Negara Afrika Pelajari Hal Ini dari China

Terdapat dua cara menyimpan biji-bijian secara hermetik yaitu menggunakan kemasan hermetik komersial atau menggunakan kemasan atau wadah lokal yang dapat ditutup secara hermetik.

Dua cara penyimpanan hermetik tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan kemasan hermetik komersial adalah dapat mengendalikan serangan hama pascapanen dan kadar air, tetapi lebih sulit didapat dan harganya cenderung mahal. Sementara kemasan hermetik lokal lebih mudah didapat, tetapi proses penyegelannya (sealing) lebih susah.

Video Terkait