Bantu Kembangkan Bisnis Petani, Malaysia Siapkan Hal Ini

Ilustrasi petani di sawah. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 5 Juli 2022 | 17:30 WIB

Kementerian Pertanian dan Industri Makanan Malaysia mengatakan bahwa para petani di negaranya akan memiliki akses pasar yang lebih baik melalui Sistem Geoplant Departemen Pertanian. Sistem itu memungkinkan petani untuk langsung berhubungan dengan eksportir dan supermarket.

Dalam pidato Menteri Pertanian dan Urusan Makanan Malaysia, Datuk Seri Dr Ronald Kiandee, yang dibacakan oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Kebijakan) Azah Hanim Ahmad, dikatakan bahwa sistem itu akan dapat mengatasi kelebihan pasokan sayuran dan buah-buahan lokal dan impor.

“Sistem ini akan menguntungkan petani dan grosir dalam produksi tanaman karena kami akan dapat mencapai keseimbangan yang lebih baik antara produksi, yang sesuai antara permintaan dan pasokan,” katanya, seperti dilansir The Star.

Sistem itu pun disebut hemat biaya, ramah pengguna, interaktif, dan dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan. Ronald menambahkan, platform tersebut juga memungkinkan para petani untuk terhubung dengan petugas pertanian masing-masing untuk menyewakan atau mengiklankan tanah kepada pengusaha atau petani lain.

Sistem Geoplant dikembangkan menggunakan konsep arsitektur berorientasi layanan yang dapat diakses melalui web dan ponsel. Sementara itu, sistem lain dari Departemen Pertanian, Geosoil System, berisi informasi dasar pertanahan dengan tujuan menilai kesesuaian berbagai bidang lahan untuk memastikan pertanian berkelanjutan.

Sistem ini meminimalkan sumber daya yang terbuang karena tanaman ditanam di area yang tidak sesuai. Oleh karena itu, sistem ini harus menjadi alternatif pertama untuk referensi dalam mengidentifikasi karakteristik tanah sebelum penanaman,” terangnya.

Baca Juga: Bantu Kembangkan Bisnis Petani, Malaysia Siapkan Hal Ini
Miris, Lahan Pertanian Petani Kian Menyusut di Daerah Ini

Sistem Geoplant dan Geosoil diluncurkan dengan harapan dapat membantu petani dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.

“Dalam mewujudkan aspirasi Keluarga Malaysia, Kementerian Pertanian dan Industri Makanan melalui Departemen Pertanian telah terlibat dalam inisiatif MyDIGITAL dalam memberdayakan Ekonomi Digital di Sektor Pertanian dan berhasil mencapai indikator kinerja utamanya melalui Sistem Geosoil, kata Ronald.

Menurutnya, sistem itu akan terintegrasi dengan informasi konservasi dan kesuburan tanah untuk membantu pemangku kepentingan mendapatkan informasi pengelolaan lahan berkelanjutan dalam satu sistem.

 

Video Terkait