Program Upland Sukses, Bupati Sumbawa Panen Raya Bawang Merah

Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah panen bawang merah lewat program Upland Kementan. (Ist)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 5 Juli 2022 | 13:50 WIB

Sariagri - Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah membuka panen raya bawang merah, Program The Development Of Integrated, Farming System, In Upland Areas Project, Dirjen PSP, Kementerian Pertanian (Kementan)Tahun 2022 di Desa Brang Kolong, Kecamatan Plampang, Senin (4/7/2022).

Program Upand merupakan bantuan Kementan. Karena itu, Bupati Sumbawa menyampaikan rasa terima kasih ke pemerintah sudah menunjuk Sumbawa sebagai lokasi panen raya. Menurutnya, ini bukti bahwa petani penerima program telah memanfaatkan bantuan dengan baik.

”Terbukti pada 12 kecamatan 19 desa penerima bantuan, rata-rata sudah melakukan panen dengan produksi yang cukup tinggi dan harga jual yang sangat baik,” kata Mahmud Abdullah.

Selain itu, Bupati juga mengapresiasi bantuan yang diberikan dari hulu sampai hilir. Termasuk pemasaran hingga pembentukan Badan Usaha Milik Petani (BUMP), dimana nantinya dapat menjadi wadah bagi petani Upland untuk memasarkan produk hasil pertanian kepada off taker, bukan ke tengkulak.

Bahkan Bupati Mahmud menghimbau kepada para petani bawang merah agar senantiasa melakukan budidaya tanaman yang ramah lingkungan. Sebagai contoh, memanfaatkan pupuk organik maupun pestisida nabati.

”Penggunaan pupuk dan pestisida kimia merupakan alternatif terakhir. Dan Insyaallah program ini akan terus saya pantau,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ni Wayan Rusmawati, mengungkapkan tahun ini sudah dilakukan pengembangan seluas 385 Ha, dimana program Upland menyasar 84 kelompok tani.

Namun yang sudah melakukan pengambangan 38 kelompok tani, tersebar di 12 kecamatan dan 19 desa. Dari pengembangan yang dilakukan, 38 kelompok sudah melakukan panen raya di masing-masing kelompok.

”Program Upland ini selama 5 tahun ke depan, semoga tahun pertama ini bisa berlanjut dan bisa berproduksi bawang merah dengan baik dan dengan harga yang luar biasa,” harapnya.

Baca Juga: Program Upland Sukses, Bupati Sumbawa Panen Raya Bawang Merah
Kementan Realisasikan Program Irigasi Perpompaan

Selain itu, Upland juga memberikan bantuan sumur dangkal, sumur dalam, sumur bor untuk para kelompok tani yang 80 persen penduduk asli Kabupaten Sumbawa. Bantuan telah dimanfaatkan secara optimal guna menghindari kekeringan.

Sekadar informasi, panen raya bawang merah ini dihadiri asisten Direktur Irigasi Pertanian Direktorat Jenderal Prasaran dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Forkopimda, Kepala Dinas Pertanian, Camat Plampang, kepala desa hingga kelompok tani di wilayah Plampang.

Video Terkait