DKPKP DKI Jakarta Fasilitasi Warga Rusun Belajar ke Kebun Urban Farming

pembinaan pertanian perkotaan (urban farming) kepada Calon Penghuni Hunian Kampung Susun Bayam. (Sariagri/Arif Ferdianto)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 30 Juni 2022 | 14:40 WIB

Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta bersama Sudin KPKP Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat serta PT Jakarta Propertindo (Jakpro), menyelenggarakan pembinaan pertanian perkotaan (urban farming) kepada Calon Penghuni Hunian Kampung Susun Bayam, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (29/6/2022).

Pembinaan ini merupakan kelanjutan dari pertemuan pertama yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 Juni 2022 lalu, yang bertempat di Kelurahan Papanggo, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pada pertemuan kali ini pembinaan dilakukan dalam bentuk kunjungan lapang ke lokasi kelompok tani (Poktan) yang telah berhasil dalam melakukan kegiatan urban farming di lingkungannya.

Kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman sekaligus berwisata sambil belajar terkait pertanian perkotaan baik budidaya pertanian maupun perikanan. Pengalaman para peserta dapat menjadi bekal ketika pindah ke rusun kampung susun bayam.

Ketua Kelompok Tani Persaudaraan Warga Kebun Bayam (PWKB) Jakarta Utara, Asep Suhenda mengatakan bahwa banyak pelajaran yang didapat dari kunjungan tersebut, mulai dari bertani dan memelihara ikan di perkotaan.

“Kita di sini dapat belajar bagaimana cara bertani, bagaimana cara memelihara ikan, bercocok tanam, berkebun dan banyak sekali pelajaran yang kita petik dari kunjungan ini,” jelasnya.

Asep turut berterimakasih kepada penyelenggara yang telah memfasilitasi kelompoknya dalam mendapatkan ilmu atau pelajaran baru atas kunjungan tersebut.

“Terima kasih juga buat Jakpro dan DKPKP yang telah memfasilitasi kedatangan kita kesini. Harapan kami ke depan bisa meningkatkan taraf hidup pertanian, perkebunan, yang rencananya akan diadakan di tempat kami yaitu rusun JIS (Jakarta Internasional Stadium),” tandasnya.

Baca Juga: DKPKP DKI Jakarta Fasilitasi Warga Rusun Belajar ke Kebun Urban Farming
JUT Kementan Tingkatkan Produktivitas Petani Bima

Total peserta yang mengikuti kunjungan lapang sebanyak 82 orang terdiri dari 2 kelompok, yakni Kelompok Tani PWKB sebanyak 43 orang melakukan kunjungan lokasi ke GSG 07, Kampung Salo, Keluragan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat.

Sementara Kelompok Tani Kampung Bayam Madani sebanyak 39 orang melakukan kunjungan ke lokasi Susia Garden, Kalibata Indah, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.