Begini Cara Pemprov Aceh Bantu Pemasaran Hasil Pertanian Petani HFE

Penandatanganan kerjasama pemasaran hasil pertanian.(Antara/HO/SieBreuhshop)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 29 Juni 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Dinas Pangan Aceh mulai membantu memasarkan hasil pertanian para petani yang bercocok tanam di kawasan halal food estate (HFE) SieBreuh di Kabupaten Aceh Besar. Kawasan food estate Aceh Besar dikelola koperasi SieBreuh Makmue Beusama dengan sistem korporasi petani. 

"Untuk meningkatkan pemasaran, SieBreuhShop telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Pasarmitra Tani (program Dinas Pangan Aceh)," ujar Penggagas kawasan halal food estate SieBreuh Aceh Besar Juanda Djamal, di Aceh Besar, Rabu (29/6/2022).

Pemasarannya dilakukan melalui pembentukan SieBreuhshop. Dinas Pangan Aceh melakukan kerja sama untuk membantu memasarkan hasil pertanian di wilayah itu melalui program Pasarmitra Tani yang selama ini dijalankan pemerintah.

"Kerja sama ini menjadi langkah strategis atas gerakan ekonomi rakyat (GER) SieBreuh dalam menata kembali sistem produksi hulu-hilir," katanya.

Juanda mengatakan fasilitas Dinas Pangan Aceh melalui Pasarmitra Tani tersebut merupakan dukungan penting untuk mempermudah kerja pemasaran serta pembiayaan.

Melalui kerja sama ini, SieBreuhShop akan menjual hasil pertanian yang diproduksikan petani kawasan halal food estate seperti sayuran, buah-buahan dan pangan melalui Pasarmitra Tani tersebut.

Saat ini, Koperasi SieBreuh Makmue Beusama dan SieBreuhShop merupakan bagian dari sistem dan struktur kerja besar rekonstruksi sistem ekonomi Aceh pasca tsunami dan penguatan perdamaian sehingga penataan hulu terus dikuatkan.

Karena itu, menurut Juanda, pergerakan ekonomi yang dijalankan tidak hanya di kawasan halal food estate itu saja, tetapi juga melalui beberapa komunitas pertanian di kabupaten lainnya yang sudah ingin menjadi bagian dari pergerakan ekonomi jangka panjang tersebut.

"Khusus kerangka kerja SieBreuhShop, kita ada dua pendekatan yaitu sistem pemasaran offline dan online," katanya.

Juanda mengatakan, khusus pemasaran offline, selain menunggu pembeli yang datang ke Pasarmitra Tani, pihaknya juga mendistribusikan ke warung atau rumah makan yang ada di seputaran Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

Baca Juga: Begini Cara Pemprov Aceh Bantu Pemasaran Hasil Pertanian Petani HFE
Mentan Sebut Program Food Estate Telah Berjalan dengan Baik



Sedangkan untuk daring, lanjut Juanda, pihaknya sedang menyiapkan platform untuk memudahkan pemesanan. Sementara ini, pemesanan baru bisa diakses melalui sosial media yakni Facebook, Instagram dan Whatsapp dengan akun Siebreuhshop.

"Kita terus berbenah dan menambahkan unit-unit bisnis independen, tentunya terus membangun kemitraan dengan pemerintah dan swasta," pungkasnya.

Video Terkait