Vietnam Kembangkan Satu Juta Hektare Padi Kualitas Tinggi di Wilayah Ini

Ilustrasi pertanian di Delta Mekong. (Pixabay/Vo Thi)

Editor: M Kautsar - Senin, 27 Juni 2022 | 12:10 WIB

Vietnam akan menanam satu juta hektare padi berkualitas tinggi di Delta Mekong dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan petani, memastikan ketahanan pangan, dan melayani ekspor, sebagaimana diberitakan Vietnam Plus.

Tugas tersebut diatur dalam arahan terkait beberapa upaya untuk meningkatkan pembangunan pertanian dan pedesaan yang berkelanjutan di wilayah Delta Mekong di tengah terjadinya perubahan iklim, yang baru-baru ini ditandatangani oleh Deputi Perdana Menteri Vietnam, Le Van Thanh.

Tujuan arahan tersebut adalah untuk mengembangkan Delta Mekong dengan cepat dan berkelanjutan, secara proaktif beradaptasi dengan perubahan iklim, menciptakan terobosan untuk meningkatkan kehidupan material dan spiritual masyarakat setempat, serta fokus pada pengembangan pertanian dan daerah pedesaan ke arah pertanian ekologis, pedesaan modern, dan petani beradab. 

Melalui arahan tersebut, pemerintah Vietnam meminta kementerian dan departemen terkait untuk mempelajari dan mengedepankan mekanisme dan kebijakan untuk mewujudkan tujuan dan orientasi pembangunan pertanian dan pedesaan di Delta Mekong.

Selain itu, beberapa waktu lalu Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Vietnam tengah melakukan kerja sama dengan Kementerian Pertanian dan Pembangunan Pedesaan Vietnam untuk meluncurkan program penerapan teknologi di bidang pertanian dalam periode 2021—2030.

Upaya ini dapat menjadikan Vietnam sebagai salah satu negara dengan teknologi pertanian maju di wilayah Asia Tenggara.

Melalui kerja sama tersebut, kedua kementerian akan bersama-sama membangun banyak zona tugas ilmu pengetahuan dan teknologi nasional, melaksanakan sejumlah program penelitian terkait produk pokok kementerian dengan keunggulan kompetitif, meningkatkan fokus pada pengembangan teknologi pengolahan dan pengawetan makanan, serta mendorong proses transformasi digital di bidang pertanian.

Baca Juga: Vietnam Kembangkan Satu Juta Hektare Padi Kualitas Tinggi di Wilayah Ini
Perwakilan FAO Apresiasi Capaian Kinerja Pertanian Indonesia

Dalam co-program sebelumnya selama periode 2016—2020, sebagaimana dilansir dari laman SGGP News, kedua kementerian itu telah mampu membantu Vietnam untuk memperkenalkan berbagai mekanisme dan kebijakan pendukung kegiatan riset dan alih teknologi di bidang pertanian.

Kolaborasi antara ilmuwan, pelaku bisnis dan pelaksana lokal telah memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan kegiatan pertanian nasional di Vietnam secara signifikan, serta memastikan kualitas produksi memiliki daya saing tinggi di pasar.

Video Terkait