Biro Standar Pertanian Filipina Luncurkan Pedoman Standar Penggilingan Padi

Ilustrasi Lahan Pertanian. (Pinduoduo)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 24 Juni 2022 | 17:10 WIB

Sariagri - Biro Standar Pertanian dan Perikanan Filipina (Bureau of Agriculture and Fisheries Standards/BAFS) telah meluncurkan dua panduan ilustratif tentang standar penggilingan padi. Hal itu sejalan dengan rencana Departemen Pertanian Filipina untuk meningkatkan mekanisasi industri beras.

Dua panduan tersebut adalah Standar Nasional Filipina untuk Spesifikasi Mesin Pascapanen-Penggilingan Padi dan Metode Uji Penggilingan Padi, seperti dilansir Philstar.

Panduan Spesifikasi Penggilingan Padi berisi ilustrasi terperinci tentang berbagai bagian penggilingan padi, metode operasinya, persyaratan fabrikasi, serta penandaan dan pelabelan mesin yang tepat.

Panduan itu juga menentukan persyaratan umum untuk memastikan keselamatan operator mesin, serta pengerjaan dan penyelesaian penggilingan padi. Sementara panduan ilustratif Metode Uji Penggilingan Padi menyajikan prosedur standar tentang pengambilan sampel mesin pertanian dan komponennya untuk memverifikasi mekanisme, spesifikasi, dan kinerja penggilingan padi.

Panduan itu menjadi acuan dalam mengidentifikasi pengaruh penggilingan terhadap kualitas gabah melalui analisis laboratorium, serta mengevaluasi prosedur penanganan dan keselamatan untuk memastikan keselamatan operator mesin.

Biro Standar Pertanian Filipina berharap upaya ini dapat mendorong produsen dan fabrikator penggilingan padi agar mengadopsi mesin dan peralatan beras modern yang hemat biaya dan aman bagi lingkungan sambil memastikan keselamatan petani.

Baca Juga: Biro Standar Pertanian Filipina Luncurkan Pedoman Standar Penggilingan Padi
Sejarah dan Alasan Petani Indonesia Pilih Sistem Tabela untuk Menanam Padi

Sistem penggilingan padi yang sesuai dengan varietas padi Filipina dan ditanam secara luas akan berkontribusi dalam menghasilkan biji beras utuh yang cukup digiling, bebas dari kotoran, dan mengandung jumlah biji pecah yang minimum.

Awal tahun ini, Biro Standar Pertanian dan Perikanan Filipina juga merilis panduan ilustratif Standar Nasional Filipina terkait klasifikasi padi dan beras giling untuk memandu petani dan pembeli dalam perdagangan padi dan beras giling.

 

Video Terkait