Viral Pemotor Kena Tilang ETLE di Persawahan, Ini Tanggapan Polda Jateng

Viral pengendara motor kena tilang ETLE (Instagram)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 23 Juni 2022 | 18:00 WIB

Sariagri - Belakangan ini tengah viral di media sosial memperlihatkan unggahan foto surat tilang elektronik atau ETLE yang dikirimkan pada pengendara motor. Pemotor tersebut kena tilang lantaran tidak memakai helm ketika berkendara di areal persawahan.

Foto tersebut diunggah melalui salah satu akun Instagram @romansasopirtruck. Pada foto yang beredar langsung menjadi sorotan warganet lantaran pengendara motor tersebut kena tilang di area persawah. Sebagian warganet juga beranggapan bahwa pengendara motor tersebut sebagai petani, sehingga menuai pro kontra dari warganet.

Penjelasan Polisi

Menanggapi unggahan yang viral itu, Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Alqudusy meluruskan komentar warganet yang banyak mempertanyakan alasan petani bisa kena tilang ketika berkendara di pesawahan.

Iqbal menjelaskan fakta yang sebenarnya dialami pemotor tersebut. Ia mengatakan bahwa pemotor yang ditilang di pesawahan tidak benar, melainkan pemotor tersebut kena tilang elektronik lantaran melintas di jalan penghubung kabupaten.

"Pengendara motor tersebut bukan petani yang hendak meladang, dan yang bersangkutan sudah mengakui kesalahannya. Bapak tersebut langsung menghubungi satlantas dan membayar denda melalui Briva," ujar Iqbal melalui keterangan tertulisnya.

Iqbal menjelaskan bahwa penindakan ETLE sebenarnya untuk mengedukasi masyarakat agar tertib aturan dalam berkendara.

"Masyarakat diharapkan taat pada aturan dan memperhatikan aspek-aspek keselamatan dalam berkendara. Karena aturan lalu lintas dibuat untuk kepentingan pengguna jalan juga," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak menganggap situasi di jalan pedesaan aman dari kecelakaan lalu lintas sehingga tidak menggunakan kelengkapan yang disyaratkan sesuai standar berkendara.

Baca Juga: Viral Pemotor Kena Tilang ETLE di Persawahan, Ini Tanggapan Polda Jateng
Viral Momen Ibu-ibu Petani Salat di Tengah Sawah, Publik: Sungguh Indah

Iqbal mengungkapkan jalan-jalan penghubung antar kecamatan di wilayah Sukoharjo mayoritas adalah kawasan pedesaan. Ini berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas.

Ia menjelaskan adanya penerapan tilang elektronik tersebut merupakan bagian dari program ETLE mobile di jateng. Ia menjelaskan ETLE mobile ini memang dapat dilakukan petugas melalui perangkat handphone (HP) khusus.

Video Terkait