Kemhan Malaysia Siapkan Kebun Sayur di Kamp Militer demi Ketahanan Pangan

Ilustrasi kebun. (Foto: Unsplash)

Editor: Putri - Kamis, 23 Juni 2022 | 12:10 WIB

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Malaysia berencana membuat kebun sayur di setiap kamp militer di seluruh negeri. Hal tersebut dilakukan guna memastikan ketahanan pangan, terutama untuk kebutuhan personel militer.

Mengutip Bernama, Kamis (23/6/2022), Menteri Pertahanan (Menhan) Malaysia, Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein, mengatakan bahwa pada tahap awal, Kamp Syed Sirajuddin di Gemas dipilih sebagai proyek perintis.

Kegiatan bertani sudah dimulai. Saya baru saja melihatnya jadi dalam situasi apapun, termasuk kenaikan harga, kita bisa mandiri. Setidaknya personel kami dapat fokus pada tugas keamanan dan pertahanan mereka,” ujar Menhan Hishammuddin

Hishammuddin menambahkan, hal tersebut dibahas bersama dengan Panglima Angkatan Tentera Malaysia, Jenderal Tan Sri Affendi Buang dan Panglima Angkatan Darat Malaysia, Jenderal Datuk Zamrose Mohd Zain.

Melalui akun Facebook-nya, Zamrose menyatakan bahwa Pertanian Terpadu Angkatan Darat di Kamp Syed Sirajudin, yang dilaksanakan di bawah Program Keberlanjutan Pangan Angkatan Darat, bertujuan untuk mengurangi biaya hidup personel melalui produk pertanian.

Dia menyebut, langkah itu merupakan tindakan pencegahan dalam mengatasi kemungkinan krisis pangan di masa depan. Serta memastikan keberlanjutan pangan, terutama di kalangan personel angkatan bersenjata dan masyarakat umum.

Baca Juga: Kemhan Malaysia Siapkan Kebun Sayur di Kamp Militer demi Ketahanan Pangan
Dunia Krisis Pangan, KSP: Petani Muda Harus Berperan

Namun rencana tersebut disambut getir oleh netizen Malaysia. Mereka mengatakan seharusnya tentara fokus pada tugasnya dan tidak khawatir tentang kenaikan harga pangan.

Sariagri - Netizen juga menyalahkan pemerintah karena gagal mengendalikan kenaikan harga pangan yang mempengaruhi semua orang kecuali orang kaya, termasuk politisi.

Video Terkait