Cara Cerdas Promosikan Produk Pertanian dengan Mobil Rumah Kaca

BellOrta, pertanian cerdas lewat mobil rumah kaca. (YouTube)

Editor: Dera - Kamis, 16 Juni 2022 | 15:40 WIB

Sariagri - Berbagai cara dilakukan untuk mensosialisasikan urban farming ataupun pertanian lokal kepada penduduk perkotaan. Salah satunya adalah konsep mobil rumah kaca, BelOrta.

Kendaraan yang berbentuk dan berfungsi sebagai rumah kaca serta kafe bergerak ini kerap muncul di berbagai acara pameran dan ruang publik termasuk di tempat-tempat wisata Belgia.

"Kami ingin menceritakan kepada orang-orang kisah budidaya lokal dan seberapa banyak pengetahuan, semangat, dan keahlian yang diperlukan (untuk bercocok tanam)," kata Glenn Sebregts dari BelOrta, seperti dilansir hortidaily.com.

Rumah kaca bergerak ini telah digunakan sejak musim panas lalu.

"Makanan lokal memiliki peran yang lebih besar di masyarakat, terutama selama pandemi. Kami memiliki dua kampanye, 'Verbazend Plezant' (sangat menyenangkan) dan 'Heerlijk van hier' (lezat lokal). Kami menggunakan ini di rumah kaca untuk menonjolkan produk lokal," imbuh Glenn.

BelOrta bekerja dengan siklus pengiriman produk sesingkat mungkin. Mereka juga menggunakan resep untuk menginspirasi konsumen agar menggunakan produk atau bahan pangan lokal, misalnya beragam sayuran atau sayuran panggang seperti terong dan zucchini.

Glenn menuturkan bahwa tidak mudah untuk menggabungkan rumah kaca dan truk makanan, karena panas dan tanaman tidak selalu berjalan bersama. Namun secara estetika, konsep BelOrta ini disukai banyak orang.

Baca Juga: Cara Cerdas Promosikan Produk Pertanian dengan Mobil Rumah Kaca
Murah dan Mudah, Cara Membuat Ramuan Ajaib untuk Tanaman dari Ampas Kopi



"(rumah kaca) ini memungkinkan kami untuk menceritakan kepada orang-orang kisah tentang pertanian lokal, BelOrta, dan para petani yang kami dukung," lanjut Glenn.

Sayangnya, sejauh ini pengembangan BelOrta masih terkendala minimnya anggaran.

"Rumah kaca itu bagus tapi mahal. Kami tetap organisasi petani dan tidak memiliki anggaran yang besar jika anggaran memungkinkan, ekspansi pasti kami lakukan," pungkas Glenn.

Video Terkait