Bantu Bangun Komplek Pertanian, Cina Modernisasi Pertanian di Negara Ini

Tanaman pisang. (Pixabay/Reinout Dujardin)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 16 Juni 2022 | 12:20 WIB

Sariagri - Perdana Menteri Dominika, Roosevelt Skerrit mengatakan pembangunan Kompleks Ilmu Pertanian Dominika akan membantu transformasi sektor pertanian dan produksi tanaman. Pembangunan kompleks pertanian itu dibantu Cina.  

Menurut Skerrit, tantangan yang dihadapi petani Dominika berkaitan dengan pengendalian hama dan pengobatan penyakit pada tanaman.

Saya percaya biaya yang ditanggung petani sekitar 40 persennya merupakan biaya kegiatan pertanian. Pengenalan tanaman dan bibit kultur jaringan akan membantu mengurangi keberadaan hama dan penyakit tertentu pada tanaman, memberi petani bahan tanam yang bersih,” ujar Skerrit.

Kompleks Ilmu Pertanian Dominika akan memastikan hasil pertanian dapat ditingkatkan dan biaya produksi dapat dikurangi sehingga pendapatan petani juga akan ikut meningkat.

Kami menetapkan target untuk meningkatkan kontribusi pertanian terhadap PDB menjadi 700 juta dolar. Saya yakin itu dapat dicapai. Pertanian saat ini menyumbang sekitar 300 juta dolar untuk PDB Dominika,” kata Skerrit seperti dikutip Dominica News Online.

Sementara itu, Duta Besar Cina, Lin Xianjiang mengatakan Kompleks Ilmu Pertanian Dominika merupakan proyek modernisasi pertanian berteknologi tinggi dengan total investasi sekitar EC$ 10 juta (sekitar Rp54 miliar) didanai penuh Pemerintah Cina.

“Dana itu termasuk laboratorium kultur jaringan yang canggih dan pusat pelatihan teknis. Laboratorium kultur jaringan akan digunakan untuk menghasilkan tanaman bebas virus, efektif mengendalikan penyakit membandel seperti bintik hitam pisang, serta meningkatkan kualitas dan hasil pertanian, sambil memastikan Dominika tidak lagi bergantung pada impor bibit,” kata Xianjiang.

Baca Juga: Bantu Bangun Komplek Pertanian, Cina Modernisasi Pertanian di Negara Ini
Kualitas Ekspor, Dua Menteri Kembangkan Pisang Cavendish di Sukabumi

Pusat pelatihan teknis akan menyediakan lingkungan yang mendukung pelatihan para petani dan petugas teknis untuk kepentingan seluruh sektor pertanian di Dominika.

Dia memastikan, Pusat Pertanian Modern Cina-Dominika merupakan proyek bersama yang saling mendukung dalam hal perangkat keras dan teknologi.

Video Terkait