Kelebihan dan Kekurangan Menanam Sayuran di Greenhouse

Anies Baswedan memanen selada air di greenhouse saat rangkaian panen raya se-Jakarta Timur. (Sariagri/Dwi Rachmawati)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 30 Mei 2022 | 14:10 WIB

Sariagri - Greenhouse merupakan salah satu teknik penanaman yang digunakan petani. Bahkan pemerintah mulai mendorong petani menggunakan metode ini dalam proses produksi pertanian. 

Menurut ahli pertanian IPB University Prof. Sobir, semua jenis tanaman dapat ditanam menggunakan greenhouse. Namun umumnya petani menggunakan greenhouse hanya untuk menanam jenis sayuran yang harganya relatif tinggi di pasaran. 

“Semua (tanaman) bisa ditanam di greenhouse, tapi greenhouse itu sangat mahal. Jadi hanya sayuran yang harganya relatif mahal umumnya ditanam di greenhouse seperti tomat, paprika dan lainnya,” ujarnya saat dihubungi Sariagri.id.

Sobir mengungkapkan selain kelebihan, penerapan greenhouse untuk pertanian juga memiliki kekurangan. Berikut, kelebihan dan kekurangan metode green house untuk bercocok tanam. 

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Menanam Sayuran di Greenhouse
Smart Farming Perlu Ditampilkan Agar Generasi Milenial Terjun ke Sektor Pertanian

Kelebihan 

  • Tanaman yang ditanam di dalam greenhouse aman dari air hujan. Dengan begitu, petani dapat mengendalikan penyakit yang berpotensi menyerang tanaman.
  • Proses pemupukam lebih efisien.
  • Kualitas dan kuantitas produksi lebih baik dibanding cara konvensional. Ini menguntungkan petani karena produsi sayuran lebih tinggi dibanding ditanam di lapangan. Selain itu kualitas produk kalau di greenhouse lebih baik.  

Kekurangan 

  • Perlu dana besar untuk membangun greehouse. Membangun green house membutuhkan dana besar. Teknologi yang diterapkan berbeda dengan di lapangan sehngga umumnya hanya tanaman sayuran kualitas tinggi yang ditanam dengan metode ini. 
  • Biaya operasional tinggi. Teknologi yang digunakan membutuhkan biaya operasional dan perawatan tinggi seperti untuk membasmi penyakit tanaman dan biaya tenaga kerja. 

 

Video Terkait