Tingkatkan Efisiensi, Panen Gandum di Cina Manfaatkan Mesin Pertanian

Ilustrasi pertanian. (Istimewa)

Editor: M Kautsar - Kamis, 26 Mei 2022 | 21:00 WIB

Kementerian Pertanian Cina, seperti dilansir CGTN, mengatakan bahwa panen gandum musim panas mekanis di lahan seluas 16,4 juta mu (1,09 juta hektar) atau sekitar 6 persen dari total lahan gandum di Cina telah diselesaikan.

Daerah utama panen di Cina barat daya telah memanen lebih dari 90 persen gandum musim panasnya. Sementara area perkebunan gandum musim dingin dipertahankan di lahan seluas 330 juta mu (22 juta hektare).

Panen mekanis skala besar akan dimulai pada akhir Mei, mulai dari Huang-Huai-Hai– sebuah wilayah yang meliputi bagian utara, tengah dan timur Cina – yang menyumbang tiga perempat dari hasil biji-bijian musim panas nasional. Gandum juga dipanen di Provinsi Anhui dan Hubei, sebagian besar dengan menggunakan mesin pertanian.

Liu Fengxue dari Anhui mengatakan kepada China Media Group/CMG bahwa penggunaan mesin pertanian telah membantunya mengurangi kehilangan biji-bijian selama panen sekitar 25 kilogram per mu. Kabupaten Yunxi di Hubei mengerahkan 8.000 peralatan pertanian untuk menutupi kekurangan tenaga kerja dan meningkatkan efisiensi.

“Kami bisa menyelesaikan panen dalam satu hari dan mulai membajak esoknya, setelah itu kami akan mulai menabur,” kata Cai Guojie, seorang penduduk desa di Kota Dianzi di Yunxi.

Baca Juga: Tingkatkan Efisiensi, Panen Gandum di Cina Manfaatkan Mesin Pertanian
Kekeringan Parah, Panen Gandum Turki Merosot

Sekitar 97 persen gandum musim dingin Cina dipanen dengan mesin, di mana 30 persennya perlu dipanen dengan kolaborasi lintas wilayah. Terlepas dari tantangan yang ditimbulkan oleh Covid-19, Kementerian Pertanian Cina tengah menyiapkan logistik untuk memastikan kehadiran pemanen di setiap ladang gandum.

Kementerian Pertanian memperkirakan bahwa lebih dari 600.000 pemanen gabungan akan berada di tempat untuk memenuhi kebutuhan panen.

Video Terkait