Jangan Disepelekan! Ini Manfaat MSG untuk Tanaman

Ilustrasi Micin atau MSG (Freepik)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Dera - Selasa, 24 Mei 2022 | 18:55 WIB

Sariagri - Monosodium Glutamat (MSG), merupakan senyawa berbentuk kristal yang bisa larut dalam air dan sering digunakan untuk penyedap masakan. Namun fungsi MSG belakangan tidak hanya digunakan sebagai penyedap rasa pada makanan, MSG atau dikenal dengan sebutan mecin ini juga dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman.

Melansir dengarden.com, MSG dibuat dari asam glutamat, natrium dan air. Glutamat sendiri merupakan salah satu asam amino alami yang paling umum. Unsur yang terkandung dalam MSG tersebut juga diperlukan untuk perkembangan tanaman seperti pertumbuhan batang daun dan bunga.

MSG biasanya terbuat dari jagung, gandum, tapioka, tebu, atau tanaman pangan lainnya yang memiliki protein pati tinggi. Melalui proses fermentasi, gula dan pati diubah menjadi asam glutamat.

MSG sangat baik sebagai pupuk tanaman karena mengandung nitrogen, fosfor, dan kalium yang tinggi. Selain itu, MSG juga mengandung senyawa seperti amonium, sulfat, kalsium, magnesium, dan berbagai asam amino yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman.

Jangan Disepelekan, Ini Manfaat MSG untuk Tanaman

Pertumbuhan batang dan daun

MSG dapat membantu pertumbuhan batang dan daun. Kandungan nitrogen di dalamnya membantu menciptakan makanan bagi tanaman melalui fotosintesis sehingga merangsang pertumbuhan daun dan batang lebih cepat. Selain itu, daun yang tumbuh juga nampak lebih hijau dan sehat.

Mendorong pertumbuhan akar

Fosfat adalah salah satu unsur yang terkandung dalam MSG. Senyawa ini diketahui dapat membantu mendorong pertumbuhan akar dan bunga, serta meningkatkan penyerapan nutrisi lainnya.

Mempercepat pertumbuhan buah

Kalium adalah salah satu senyawa yang dapat membantu tanaman tumbuh lebih cepat dan mengatur proses metabolisme untuk perkembangan buah dan biji. Memberi pupuk MSG adalah salah satu pilihan tepat supaya tanaman kesayanganmu berbuah cepat.

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini Manfaat MSG untuk Tanaman
Begini 7 Cara Menanam Kedelai yang Perlu Diketahui

Tidak mudah terserang penyakit

Sebagian besar kandungan MSG adalah asam amino yang membantu tanaman tumbuh lebih sehat dan tahan terhadap serangan penyakit. Selain itu kandungan sulfur dalam MSG juga membantu fungsi desinfeksi tanah dan meningkatkan efisiensi penggunaan nitrogen.

Meningkatkan kadar air saat musim panas

MSG juga memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya retensi air dan mencegah kekeringan pada tanaman. Menyiram tanaman menggunakan larutan MSG dapat membantu mengoptimalkan penyerapan air yang sangat dibutuhkan selama musim panas.

 

Video Terkait