Gelar Lokakarya, EdenFarm Edukasi Mitra Petani Strategi Pascapanen

EdenFarm Edukasi Mitra Petani. (Sariagri/Dwi Rahmawati)

Editor: Reza P - Sabtu, 21 Mei 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - EdenFarm menggelar Lokakarya Eden Teman Tani untuk sejumlah mitra petani di kawasan Caringin, Kabupaten Bogor. Mengangkat topik pengembangan strategi pengendalian pascapanen, EdenFarm mengedukasi mitra petani mengembangkan inovasi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam menciptakan pertanian yang berkelanjutan.

Chief Supply Officer EdenFarm, Oki Harmawan mengatakan Lokakarya Eden Teman Tani merupakan salah satu wadah untuk belajar bersama mengelola pascapanen hasil pertanian dengan baik.

"Di EdenFarm kami menjunjung tinggi pengembangan sumber daya manusia, baik untuk internal maupun eksternal stakeholder EdenFarm. Lokakarya Eden Teman Tani merupakan salah satu kesempatan yang baik untuk kita belajar bersama-sama, dimana salah satu topik yang akan kita bahas hari ini adalah bagaimana mengemas hasil panen dengan baik sehingga hasil tani pascapanen akan lebih tahan lama," ujar Oki dalam sambutannya.

Adapun materi yang diberikan dalam Lokakarya Eden Teman Tani antara lain mengenai spesifikasi komoditas sesuai kriteria EdenFarm, food safety (keamanan pangan) yang bebas cemaran biologis, kimia dan fisik, pengawasan pangan berbasis risiko, hingga penanganan pascapanen seperti pengemasan yang baik.

Kepala Gudang PT. Indofood FID Semarang, Miracle Pulung sebagai pembicara dalam Lokakarya tersebut menjelaskan bahwa tujuan penanganan pascapanen yaitu untuk mempertahankan mutu hasil panen agar tetap baik hingga ke tangan konsumen, menekan kehilangan hasil karena penyusutan dan kerusakan, memperpanjang umur simpan serta meningkatkan nilai ekonomi hasil panen petani.

Agus Kosasih, petani hortikultura asal Caringin, Bogor yang menjadi mitra petani EdenFarm mengaku sangat terbantu dengan kegiatan Lokakarya Eden Teman Tani, terutama dalam menambah wawasan penanganan pascapanen produk pertanian miliknya.

"Dengan kegiatan seperti ini saya sebagai petani bisa mendapat pengetahuan baru untuk mengurangi kerugian saat panen, mulai dari kriteria panen hingga pengemasan hasil panen yang benar," katanya.

Agus pun mengatakan sejak bergabung menjadi mitra petani EdenFarm dirinya bisa meningkatkan pendapatan sekitar 30-40 persen dibandingkan saat dirinya memasok hasil panennya secara konvensional ke tengkulak ataupun pasar induk.

"Pendapatan naik sekitar 30-40 persen karena ECF ini dekat maka ada pengurangan biaya transportasi, selain itu harga jual produk ke EdenFarm lebih tinggi dan stabil," paparnya.

Lokakarya Eden Teman Tani digelar di Eden Collection Facility (EFC) Caringin, Kabupaten Bogor pada Jumat (20/5) dihadiri sekitar 20 mitra petani EdenFarm.

Baca Juga: Gelar Lokakarya, EdenFarm Edukasi Mitra Petani Strategi Pascapanen
Ada Rencana Impor Jagung, Petani di Daerah Ini Buang Hasil Panen

Sebagai informasi, ECF Caringin diresmikan pada Maret 2022 lalu berfungsi sebagai sentra komoditas pascapanen yang tidak hanya mengoptimalkan rantai pasok, tetapi juga memberikan pendampingan kepada petani dengan skema pola tanam yang terstruktur dan secara kontinyu menyerap hasil produk dari komoditas pertanian setempat.

EdenFarm sebagai startup agritech B2B dengan pertumbuhan terpesat, saat ini telah bermitra dengan hampir 4.000 mitra petani, dan melayani lebih dari 50.000 pelanggan. Turut mendukung program Pemerintah Provinsi Jawa Barat, EdenFarm berkolaborasi dengan Petani Milenial dan telah menyerap lebih dari 70.000kg hasil panen dari Petani Milenial di Garut dan Sukaraja, dan mendistribusikan rerata 1.000 ton hasil komoditas pertanian per bulannya ke berbagai segmen pelanggan.

Video Terkait