Tingkatkan Hasil Pertanian, Meksiko Genjot Produksi Pupuk

Ilustrasi pupuk. (pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 18 Mei 2022 | 15:50 WIB

Sariagri -  Pemerintah Meksiko berusaha melipat gandakan produksi pupuknya guna mendukung peningkatan produksi pertanian lokal dan mengendalikan inflasi harga konsumen.

Dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters, Pemerintah Meksiko mengumumkan bahwa pihaknya akan berinvestasi di pabrik pupuk yang ada untuk mencapai tujuan tersebut.

Hal itu pun sejalan dengan upayanya untuk mengurangi ketergantungan pada impor asing dan memastikan harga yang adil untuk makanan pokok seperti jagung, beras, dan kacang-kacangan, seiring dengan peningkatan hasil produksi.

Sementara itu, Presiden Meksiko, Andres Manuel Lopez Obrador, mengatakan bahwa program pemberian pupuk gratis kepada petani juga akan diperluas ke beberapa negara bagian lagi, termasuk Campeche, Quintana Roo, Tabasco, dan Veracruz.

Baca Juga: Tingkatkan Hasil Pertanian, Meksiko Genjot Produksi Pupuk
Inilah Sampah Dapur yang Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman

Kita harus produksi (pupuk organik), karena secara teori sangat bagus dan yang alami juga yang terbaik, tapi kita perlu meningkatkan produksi,” ujar Lopez Obrador, seperti dikutip Reuters.

Secara global, harga pupuk  tengah mengalami kenaikan dua kali lipat akibat meningkatnya konflik Rusia-Ukraina. Kenaikan harga bahan baku untuk memproduksi pupuk telah berdampak bagi banyak negara.