Kawal Pangan Masa Depan, Kementan Siapkan Langkah Strategis

Mentan Syahrul Yasin Limpo. (Antara)

Editor: Dera - Selasa, 17 Mei 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Kementerian Pertanian melalui Inspektorat Jendral Kementerian Pertanian (Itjentan) menyiapkan langkah strategis dalam mengawal ketahanan pangan, tidak saja untuk masa kini, namun juga untuk masa depan.

"Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari kegiatan ini. Terlebih pak Jan adalah putra daerah asal Sulut," kata Kepala Karantina Pertanian Manado, Donni Muksydayan di Manado. 

Dalam mengawal pangan masa depan, Itjentan telah meluncurkan program Jaga Pangan, Jaga Masa Depan. Sulut dipilih meluncurkan program ini dalam rapat kerja sinergi pembangunan pertanian.

Raker yang dilaksanakan Kamis (19/5) direncanakan dihadiri 300 orang peserta dari perwakilan BPKP Provinsi Sulut, Kejaksaan Tinggi Provinsi Sulut, Kepolisian Daerah Provinsi Sulut, Dinas Pertanian dan Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Utara, Balai Penelitian Kelapa dan Palma, BPTP, UPT Pertanian lingkup Kementerian Pertanian.

Baca Juga: Kawal Pangan Masa Depan, Kementan Siapkan Langkah Strategis
Bangun Kawasan Pangan Nusantara, Sulteng Siapkan 30 Ribu Hektare Lahan

"Tidak hanya melakukan kegiatan audit saja, tetapi setiap pelaksanaan kegiatan harus menimbulkan dampak positif bagi stakeholder. Dengan demikian kepercayaan publik terhadap Itjentan dapat meningkat," kata Irjen Kementan Dr. Jan S Maringka menambahkan.

Raker dijadwalkan akan dibuka oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan dijadwalkan juga panel diskusi dengan Kejati, Kepolisian dan BPKP Provinsi Sulut dalam mendukung ketahanan pangan.

"Penyerahan benih unggul kelapa kepada petani, sekaligus pelepasan ekspor juga diagendakan," sebut Jan.