Pelabuhan Terblokir, Petani Ukraina Ekspor Hasil Pertanian Lewat Rumania

Tanaman gandum. (Piqsels)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 9 Mei 2022 | 11:00 WIB

Sariagri - Konflik Rusia - Ukraina telah memblokir beberapa pelabuhan penting di Ukraina yang menyebabkan kapal pengangkut hasil panen Ukraina tidak bisa berlayar.

Dilansir Euronews, petani Ukraina mengekspor hasil panen gandum mereka melalui Rumania. Kereta api, lori dan kapal tongkang digunakan untuk mengangkut hasil panen ke kota pelabuhan strategis dari pelabuhan kecil di Sungai Danube seperti Reni dan Izmail di barat daya Ukraina.

Pihak Bulgaria juga bersedia membantu untuk mengekspor hasil pertanian Ukraina dari pelabuhannya di Varna yang saat ini infrastrukturnya tengah ditingkatkan.

"Ada perasaan belas kasihan secara umum atas situasi yang tidak menguntungkan di Ukraina. Mereka adalah tetangga kami. Kami semua merasa perlu untuk membantu mereka sebanyak yang kami bisa," kata Viorel Panait, manajer perusahaan transportasi Comvex.

Sementara manajer pelabuhan di Bulgaria, Florin Goidea mengatakan perang di Ukraina menjadi tantangan sekaligus peluang.

"Meskipun beberapa bulan telah berlalu, situasinya masih baru di mulai. Pelan-pelan, koridor sedang dibuat untuk membawa barang dari Ukraina ke pelabuhan Constanta dan membantu untuk ekspor, sangat penting sekarang untuk membantu ekspor Ukraina untuk mendukung ekonominya," katanya.

Baca Juga: Pelabuhan Terblokir, Petani Ukraina Ekspor Hasil Pertanian Lewat Rumania
Cerita Sarjana Pertanian UGM Jadi Eksportir Keju dari Indonesia



"Baik sungai maupun laut lewat di sini. Kami juga menggunakan jalur ini, Danube-Kanal Laut Hitam dan Danube. Transportasi air sangat murah dibandingkan dengan kereta api dan truk. Sangat murah karena memindahkan barang dalam jumlah besar," kata Goidea.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) mengatakan hampir 25 juta ton biji-bijian saat ini tertahan di Ukraina. FAO mengklaim pasukan Moskow menjarah fasilitas penyimpanan dan mengangkut gandum Ukraina kembali ke Rusia.

 

Video Terkait