Selain Capai Target Pertanian, Cina Turut Kembangkan Ekonomi Pedesaan

Pertanian Cina. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Minggu, 8 Mei 2022 | 11:00 WIB

Cina akan meningkatkan koordinasi terkait produksi pertanian dan upaya pencegahan epidemi Covid-19, serta menstabilkan pembangunan ekonomi di bidang pertanian dan pedesaan di tengah meningkatnya ketidakpastian ekonomi secara keseluruhan.

Wakil Menteri Pertanian dan Pedesaan Cina, Deng Xiaogang, mengatakan bahwa tujuan utamanya adalah hasil biji-bijian tahunan berada di atas 650 juta metrik ton, sebagaimana diberitakan China Daily.

Beijing menginvestasikan 6 miliar yuan (sekitar Rp13 triliun) untuk mendukung produksi biji-bijian musim panas, termasuk 1,6 miliar yuan ( sekitar Rp3,5 triliun) untuk mensubsidi pertumbuhan gandum.

Sementara subsidi satu kali sebesar 20 miliar yuan (sekitar Rp43,5 triliun) telah didistribusikan kepada para petani untuk mengurangi dampak kenaikan harga bahan baku pertanian.

Kementerian Pertanian Cina juga meluncurkan kampanye untuk mensurvei pertumbuhan bibit di setiap daerah, dan mengirim 100 pejabat dan 200 teknisi untuk menginstruksikan manajemen lapangan sesuai dengan rencana dan pedoman darurat.

Karena transportasi produk pertanian dipengaruhi oleh wabah epidemi lokal, Kementerian Pertanian juga membuka saluran hotline dan platform pesan online untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi petani.

Deng menekankan bahwa meningkatkan pendapatan petani merupakan tugas penting dari sektor pertanian. Ukuran penting untuk menguji pencapaian kerja pedesaan adalah memeriksa apakah kantong petani menggembung,” ujarnya.

Pada kuartal pertama tahun ini, pendapatan para petani telah meningkat 6,3 persen. Namun, mereka menghadapi tantangan untuk bekerja di luar karena penyebaran epidemi.

Kita tidak boleh menyia-nyiakan upaya untuk mempertahankan peningkatan pendapatan petani dengan cara mengembangkan industri pedesaan, menstabilkan lapangan kerja, mendorong kewirausahaan, dan berinvestasi dalam pengembangan bisnis,” kata Deng.

Pemerintah daerah akan memperluas industri pengolahan pertanian, secara bertahap memulihkan pariwisata pedesaan, dan fokus pada pengembangan industri berkarakteristik di daerah-daerah yang telah lepas dari garis kemiskinan.

Baca Juga: Selain Capai Target Pertanian, Cina Turut Kembangkan Ekonomi Pedesaan
Dampak Invasi,Pabrik Mobil Rusia Bagikan Lahan Pertanian untuk Pekerjanya

Proyek kerjasama regional dan perusahaan diharapkan memainkan peran dalam memastikan lebih dari 30 juta pekerja migran di daerah yang pernah dilanda kemiskinan mendapatkan pekerjaan.

Cina bertekad untuk terus mempromosikan kewirausahaan pedesaan agar dapat mendorong lebih banyak lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan petani.

Video Terkait