5 Sisa Makanan Ini Bisa Dimanfaatkan Jadi Pupuk Alami

Ilustrasi Kulit Pisang (Unsplash)

Penulis: Putri, Editor: Dera - Jumat, 6 Mei 2022 | 18:20 WIB

Sariagri - Membuat pupuk alami sendiri di rumah adalah cara yang menyenangkan untuk menggunakan kembali limbah makanan sambil menghemat uang.

Plus, beberapa nutrisi terpenting yang dibutuhkan tanaman agar sehat dapat ditemukan di semua jenis barang sehari-hari yang ada di rumah.

Mengutip Farm Flavor, berikut sisa makanan yang dapat diolah menjadi pupuk alami.

1. Ampas Kopi

Sebagian besar dari kita membuang ampas kopi setelah meminumnya. Tapi tahukah bahwa kamu dapat menyimpannya untuk digunakan kembali sebagai pupuk tanaman?

Berkat kadar nitrogennya yang tinggi, ampas kopi dapat membantu meningkatkan keasaman tanah. Oleh sebab itu ampas kopi dapat menjadi pupuk yang sangat baik untuk berbagai jenis tanaman sayuran dan tanaman yang menyukai asam seperti mawar.

Ampas kopi juga mengandung fosfor, kalium, kalsium, magnesium dan mikronutrien bermanfaat lainnya untuk membantu tanaman berkembang.

2. Cangkang Telur

Kulit telur mengandung hampir 40 persen kalsium, yang memperkuat dinding sel tanaman dan membantu pertumbuhan sel.

Tanah yang kekurangan kalsium dapat menyebabkan pembusukan ujung bunga tanaman tomat, pertumbuhan tanaman kerdil atau lemah, dan daun muda melengkung atau bercak.

Meskipun uji tanah adalah cara terbaik untuk menentukan nutrisi mana yang dibutuhkan tanaman, ada baiknya mencoba pupuk kulit telur jika melihat tanda-tanda kekurangan kalsium ini pada tanaman.

3. Kulit Pisang

Pisang dikenal luas sebagai sumber potasium yang bagus, yang tidak hanya bagus untuk manusia tetapi juga untuk tanaman. Kulit pisang juga kaya akan fosfor dan mengandung banyak nutrisi bermanfaat lainnya, termasuk magnesium, kalsium, dan belerang.

Kandungan-kandungan tersebut membuat pupuk yang ideal untuk berbagai jenis tanaman berbunga, pohon buah-buahan, dan tanaman hias.

4. Cuka

Seperti bubuk kopi, cuka sangat bagus untuk meningkatkan keasaman tanah. Larutan cuka dan air adalah salah satu pupuk yang paling mudah dibuat.

Kamu dapat menggunakannya pada semua jenis tanaman yang menyukai asam, termasuk tanaman sayuran di kebun, tanaman hias, mawar, azalea, dan banyak lagi.

Baca Juga: 5 Sisa Makanan Ini Bisa Dimanfaatkan Jadi Pupuk Alami
Patut Dicontoh, Begini Konsep Pertanian Berkelanjutan Ala Petani AS

5. Sisa Ikan

Menyimpan sisa ikan dari dapur untuk membuat pupuk serbaguna yang ringan adalah cara yang bagus untuk memberi tanaman nitrogen, fosfor, dan kalium.

Membuat pupuk emulsi ikan membutuhkan sedikit usaha, tetapi hasilnya adalah salah satu pupuk alami terbaik yang dapat kamu berikan pada tanaman.

Video Terkait