2 Bahan Ini Bisa Usir Hama Belalang di Tamanmu

Pakistan Coba Ubah Serangan Belalang Jadi Keuntungan Bagi Sektor Pertanian (Pixabay/ Christels)

Editor: Putri - Kamis, 5 Mei 2022 | 18:30 WIB

Sariagri - Meskipun kecil, belalang memberikan mimpi buruk jika sudah menghampiri tanaman. Hal tersebut dikarenakan belalang dapat merusak tanaman yang sudah kamu rawat begitu sulit.

Menurut Home Guides SF Gate, belalang dewasa dan nimfa dapat memakan daun dan batang tanaman. Hal tersebut pasti sangat merugikan apalagi jika kamu menanam tanaman yang menghasilkan buah atau sayuran.

Namun jangan khawatir, ada cara untuk mengurangi jumlah belalang di sekitar taman di rumahmu. Kabar baiknya, cara yang digunakan memanfaatkan bahan-bahan yang tidak membahayakan manusia.

Berikut cara menghilangkan hama belalang di tamanmu.

1. Menggunakan Bawang Putih

Tidak hanya belalang, bawang putih bisa menyingkirkan hama taman lainnya. Semprotan larutan bawang putih adalah jawaban pertanyaanmu selama ini untuk menghadapi hama yang merusak.

Cara membuat semprotan bawang putih ini, haluskan 7 siung bawang putih. Rendam dalam minyak semalaman. Setelah itu, campurkan 5 gelas air dan saring bawang putihnya. Masukkan air yang sudah disaring ke dalam botol semprotan.

Baca Juga: 2 Bahan Ini Bisa Usir Hama Belalang di Tamanmu
Lindungi Warga NTT dari Belalang, Tani Center IPB Galang Solidaritas

Bisa juga dengan cara menghaluskan 5 bawang putih dan 12 gelas air. Kemudian panaskan hingga mendidih. Biarkan selama semaleman, kemudian masukkan ke dalam botol semprotan.

2. Menggunakan Tepung

Kamu bisa menaburkan tepung ke atas tanaman. Tepung akan mengalir ke bawah tanaman, meninggalkan sisa debu yang membuat mulut belalang lengket dan mati kelaparan.

Video Terkait