Gubernur NTT Ingin Lulusan Poltek Jadi Pengusaha Sukses Bidang Pertanian

Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat. (Sariagri/Charles)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 2 Mei 2022 | 11:45 WIB

Sariagri - Lulusan Politeknik Pertanian (Politani) Negeri Kupang diharapkan menjadi pengusaha sukses bidang pertanian, peternakan, perikanan dan kehutanan sesuai bidang ilmu vokasional yang dipelajari.

“Saya minta lembaga pendidikan Politani Kupang harus mampu memformat mindset lulusan untuk jadi pengusaha sukses dari bidangpertanian, peternakan, kehutanan, perikanan dan lain-lainnya,” ujar Gubernur NTT Viktor Laiskodat dalam sambutannya di acara Wisuda Ahli Madya Angkatan XXXVII dan Sarjana Terapan Angkatan XVII di Kampus Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

Viktor menegaskan lulusan Politani harus menjadi pengusaha sukses sesuai bidang keilmuan. Apalagi, lanjut dia, mereka sudah memiliki kemampuan dasar dan ilmu vokasional dari kampus.

Para lulusan juga harus berani turun lapangan dan mulai menggarap semua itu tanpa harus berpikir untuk mengikuti tes PNS yang formasinya sangat terbatas.

“Kita semua akan bangga bila generasi muda lulusan Politeknik Pertanian Kupang kembali ke daerah masing-masing dan mulai mengangkat martabat NTT dengan menghasilkan produk-produk berkualitas untuk bisa diekspor keluar daerah, katanya. 

Dia optimistis lulusan ahli madya dan sarjana terapan Politani Kupang adalah orang-orang hebat dan kompeten serta bermanfaat bagi pembangunan daerah.

Menurut dia, intelektualitas masa kini bukan lagi diukur dari gelar atau nilai akademiknya tetapi dari produk berguna yang dihasilkan bagi daerah dan  banyak orang. 

Dia mengingatkan para lulusan untuk tidak lepas dari genggaman lembaga pendidikan. Sebaliknya Lembaga Pendidikan Politeknik Pertanian harus tetap bersama denga para lulusan bersinergi dengan program kerja sama bersama pemerintah dan dunia usaha.

Baca Juga: Gubernur NTT Ingin Lulusan Poltek Jadi Pengusaha Sukses Bidang Pertanian
42 Ton Biji Pala Asal Sulut Milik Eksportir Baru Diekspor ke Vietnam



“Kampus jangan biarkan lulusannya berjalan sendiri. Kita sinergi dan kolaborasi sehingga ilmu pengetahuan yang didapat melalui intervensi pemerintah bisa menjadi manfaat bagi daerah ini,” katanya.

Viktor juga meminta para lulusan mulai tertarik dengan pengelolaan berbagai sektor pertanian sehingga menjadi mandiri dan tidak bergantung lagi dengan mindset menjadi PNS. 

 

Video Terkait