Agar Petani Miliki Nilai Tawar, Unsoed Kenalkan Varietas Padi Unggul

Unsoed perkenalkan varietas padi unggulan. (Dok. Unsoed)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 15 April 2022 | 18:20 WIB

Sariagri - Guna menuju produk pertanian yang sehat, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto mengenalkan varietas padi unggul fungsional dan budidaya secara sehat di Desa Linggasari, Kecamatan Kembaran, Banyumas.

Dalam keterangan tertulisnya, Tim Peneliti Dyah Susanti berharap dengan varietas padi unggul fungsional, petani memiliki nilai tawar yang tinggi sekaligus sebagai langkah antisipasi jatuhnya harga gabah pada saat panen raya.

Baca Juga: Agar Petani Miliki Nilai Tawar, Unsoed Kenalkan Varietas Padi Unggul
Mengenal Padi Tadah Hujan ‘Amphibi’ Gamagora



Pada kaji terap yang dilakukan, dikaji pertumbuhan, produksi dan kualitas hasil tiga varietas padi fungsional, yaitu padi protein tinggi Inpago Unsoed Protani, padi merah Inpari 24 dan padi hitam lokal genjah yang dibudidayakan secara organik dan dan non-organik.
 
“Selain memperbaiki penguasaan teknologi para petani, kaji terap varietas unggul padi fungsional ini juga dimaksudkan sebagai inisiasi peningkatan ketersediaan bahan makanan yang dapat menambah asupan gizi masyarakat Desa Linggasari," jelasnya.
 
Sementara itu Ketua Gapoktan Desa Linggasari Sucipto Toto Susworo menyampaikan respon positif para petani, bahwa varietas-varietas unggul padi fungsional yang dikenalkan pada kaji terap ini, khususnya padi protein tinggi dan padi merah menunjukkan pertumbuhan dan produksi yang lebih baik dibanding padi-padi yang sebelumnya dikembangkan petani Desa Linggasari.
 
“Hal ini menumbuhkan antusiasme para petani untuk mengembangkan lebih lanjut, dan semakin banyak nantinya yang membudidayakan pada musim tanam berikutnya, khususnya padi protein tinggi Inpago Unsoed Protani,” ujarnya.
 
Sucipto menambahkan, beberapa petani yang juga telah mencoba menanam varietas ini, melaporkan mendapatkan hasil lebih tinggi dibandingkan pengalaman menggunakan varietas lain sebelumnya.

Video Terkait