Catat! 4 Langkah Tepat Membasmi Gulma di Perkarangan Rumah

Ilustrasi rumput. (Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Sabtu, 9 April 2022 | 19:00 WIB

Sariagri - Sebagian orang umumnya menggunakan produk berbahan kimia yang sering ditemukan di pasaran untuk membasmi gulma yang ada di kebun. Tetapi, seperti diketahui produk ini berbahaya bagi hewan peliharaan.

Bahkan produk herbisida yang diklaim alami juga mampu membahayakan hewan apabila tidak digunakan dengan tepat. Zat yang terkandung dalam produk tersebut mampu masuk ke cakar dan bulu hewan, lalu dijilat sehingga masuk ke tubuh hewan.

Berikut sejumlah langkah tepat membasmi gulma di perkarangan rumah, dikutip dari Better Homes and Gardens.

Cabut Menggunakan Tangan

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membasmi gulma adalah mencabutnya dengan tangan. Meski terbilang melelahkan, tetapi cara ini memastikan akar gulma menghilang. Tak hanya itu, cara ini juga berkelanjutan dan selektif hanya tanaman yang dibunuh.

Pemakaian Mulsa

Penggunaan mulsa bisa membatasi pertumbuhan gulma yang membuatnya mati. Sebarkan mulsa di atas bedeng taman untuk membantu tanaman dewasa tumbuh subur sambil menjauhkan gulma baru.

Baca Juga: Catat! 4 Langkah Tepat Membasmi Gulma di Perkarangan Rumah
Ajaib! Begini Cara Membasmi Gulma dengan Cuka

Penggunaan Cuka Pekat Hortikultura

Dalam penggunaan herbisida, cuka pekat mampu membunuh tanaman yang masih muda dan lunak. Cuka hortikultura bekerja dengan baik untuk retakan di trotoar atau jalan masuk. Ini hanya merusak jaringan tanaman yang disentuhnya sehingga perlu mengaplikasikannya secar berulang untuk menghancurkan gulma yang sudah ada.

Siram dengan Air Mendidih

Gunakan air mendidih apabila gulma muncul sesekali di antara pavers, conblock teras atau retakan jalan. Kendati demikian cara tersebut tidak mampu membunuh akar gulma secara langsung, sehingga kamu harus mengulanginya beberapa kali selama musim panas.

Video Terkait