Ketersediaan Pangan Wajib Terpenuhi untuk Beri Rasa Aman Masyarakat

Ilustrasi - Tanaman padi. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 6 April 2022 | 19:50 WIB

Sariagri - Anggota Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Edward Tanur mendukung upaya Kementerian Pertanian (Kementan) dalam meningkatkan produksi padi, jagung dan kedelai. Menurut Edward, upaya itu perlahan tapi pasti mulai membuahkan hasil.

"Tadi saya dengar paparan dari pemerintah (Dirjen Tanaman Pangan Kementan) mengenai jagung dan padi sudah beres semua. Ini kan artinya upaya selama ini perlahan bisa kita selesaikan. Yang penting datanya benar," ujar Edward melalui keterangan tertulis, Rabu (6/4/2021). 

Bagi Edward, ketersediaan pangan wajib terpenuhi secara baik untuk memberi rasa aman terhadap masyarakat yang menjalankan ibadah puasa 2022. Karena itu peran pemerintah sangat dibutuhkan dalam membantu petani meningkatkan produksi.

"Bagi saya yang penting persediaan Ramadan tahun ini bahan pangan dal kondisi aman dan stabil. Saya hanya imbau moral saja karena yang paling penting kita bisa damai dalam menjalani ibadah Ramadan," katanya.

Edward menyesalkan tingginya harga minyak goreng yang saat ini bergejolak dan menghantui perekonomian masyarakat miskin. Namun peraoalan minyak goreng bukan berada di ranah Kementan.

Baca Juga: Ketersediaan Pangan Wajib Terpenuhi untuk Beri Rasa Aman Masyarakat
Mengenal Bio Granola, Kentang Transgenik Aman Pangan dan Lingkungan

"Mengenai minyak goreng sampai saat ini masih sengkarut. Kami DPR ini hanya mengontrol dan memberi masukan. Tapi kalau sudah sampai begitu (mahal) ini sudah urusanya aparat," katanya.

Sekretaris Jenderal Kementan, Kasdi Subagyono memastikan ketersediaan bahan pangan selama bukan ramadhan dan hari raya lebaran mendatang dalam kondisi aman. 

"Mulai dari beras sampai cabai semuanya aman. Kita sudah memvalidasi di tiap daerah kondisinya mencukupi," pungkasnya.

 

Video Terkait