Cara Cina Desak Bank dan Lembaga Keuangan Demi Perkuat Pertanian

Ilustrasi lahan pertanian di Cina. (Sariagri/Pixabay)

Editor: Reza P - Sabtu, 2 April 2022 | 20:30 WIB

Sariagri - Cina akan meningkatkan dukungan keuangan dalam rangka memajukan revitalisasi pedesaan untuk membantu meningkatkan stabilitas makroekonomi, sebagaimana diberitakan Xinhua.

Bank Rakyat Cina mendesak bank dan lembaga keuangan lainnya agar memastikan layanan keuangan dapat diandalkan untuk mendukung produksi biji-bijian, misalnya dengan berfokus pada perusahaan yang mengkhususkan diri mengolah lahan pertanian standar tinggi, pertanian musim semi, atau pergudangan dan pengolahan.

Dalam pedoman yang dikeluarkannya, Bank Rakyat Cina juga mengatakan lebih banyak dukungan kredit diharapkan dapat membantu mengamankan pasokan produk pertanian utama seperti kedelai, minyak nabati, dan makanan nonpokok.

Menurut lembaga itu, perdagangan lintas batas produk pertanian dan pengembangan teknologi inti seperti plasma nutfah membutuhkan dukungan keuangan yang lebih kuat.

Pedoman tersebut juga menyerukan layanan keuangan yang lebih baik di wilayah pedesaan Cina untuk mendukung pembangunan industri yang berkelanjutan serta meningkatkan infrastruktur dan lingkungan hidup.

Baca Juga: Cara Cina Desak Bank dan Lembaga Keuangan Demi Perkuat Pertanian
Kementan Klaim Program YESS Cetak Generasi Milenial Pertanian Kuasai Pasar

Dokumen itu juga menekankan upaya konsolidasi capaian penanggulangan kemiskinan dan menjadikan layanan keuangan lebih mudah diakses oleh penduduk pedesaan.

Cina telah berjanji untuk mengoptimalkan layanan keuangan guna memajukan revitalisasi pedesaan dan memberikan lebih banyak dukungan kepada lembaga keuangan lokal yang memenuhi syarat terkait pinjaman kembali, diskon ulang, dan cadangan wajib pada tahun 2022.

Video Terkait