Gagal Panen Akibat Longsor, Petani di Sukabumi Rugi Puluhan Juta

Longsor timbun sawah petani di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. (Antara)

Editor: Dera - Sabtu, 26 Maret 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Sekitar lima hektare areal padi di Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang siap panen tertimbun tanah longsor akibat hujan deras yang turun hampir sepanjang hari.

"Kami sudah melakukan pemantauan langsung ke lokasi, bencana tanah longsor ini akibat lahan pertanian yang berada di atasnya labil ditambah hujan deras yang turun hampir sepanjang hari dan akhirnya longsor dan dampaknya lima hektare lahan sawah yang ditanami padi siap panen di Kampung Babakanbungur, Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu ini tertimbun longsor," kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Palabuhanratu Ujang Nuryaman di Sukabumi, Sabtu (26/3). 

Menurut Ujang, untuk kerugian masih dalam perhitungan namun diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah dan dipastikan hanya sebagian kecil tanaman padi siap panen yang bisa diselamatkan.

Selain menutup lahan sawah siap panen, longsor ini juga menutup akses jalan penghubung antara Kecamatan Palabuhanratu menuju Cikakak maupun sebaliknya. Bahkan, tebalnya material tanah yang menutup akses jalan tersebut untuk membersihkannya harus menggunakan alat berat.

Baca Juga: Gagal Panen Akibat Longsor, Petani di Sukabumi Rugi Puluhan Juta
Petani Cabai Lumajang Luapkan Kekecewaan dengan Cabuti Tanaman yang Mati Akibat Terpapar Abu Vulkanik

"Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk segera mengirimkan alat berat karena hingga kini akses jalan Palabuhan Ratu-Cikakak belum bisa dilalui orang maupun kendaraan," tambahnya, seperti dikutip dari Antara

Dampak lain dari bencana tanah longsor ini, satu desa di Kecamatan Cikakak menjadi kesulitan mendapatkan air karena saluran airnya ikut tertimbun.

Video Terkait