Telat Hadir di Raker DPR, Komisi IV Minta Mentan Mengundurkan Diri

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo. (Sariagri/Antara)

Editor: M Kautsar - Selasa, 22 Maret 2022 | 18:55 WIB

Sariagri - Perwakilan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Riezky Aprilia ngamuk di rumah sidang Komisi IV, DPR RI. Hal ini terjadi karena Menteri Pertanian (Mentan) telah datang dalam rapat kerja yang sedianya digelar pada Selasa (22/3/2022) pukul 10.00 WIB.

“Sesuai tatib (tata tertib), yang ikut (rapat kerja) menteri. Kami di sini wakil rakyat, tapi Anda kayaknya selalu berpikir tidak penting. Kami juga bisa marah,” kata Riezky dalam siaran virtual yang ditayangkan di situs resmi DPR RI.

“Saya minta, pokoknya kalau menterinya tidak datang, ya sudah. Kalau tidak butuh DPR, kita bikin betul kalian tidak perlu sama DPR. Tunda sampai menterinya hadir,” lanjut dia.

Riezky juga menyebutkan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo perlu mengundurkan diri. Karena dianggap sudah tidak dapat menepati aturan administrasi seperti hari ini.

“Kalau perlu menterinya, kalau begini-begini terus, suruh mundur saja kalau tidak sanggup mengurusi pertanian,” lanjutnya.

Tak kalah kesal, Ketua Komisi IV, Sudin juga ikut menyalahkan eselon 1 dari Kementerian Pertanian. Pasalnya, pihak Kementerian Pertanian baru mengirim surat ke Sekretariat Jenderal DPR RI pada pukul 00.00 WIB. 

Menurut Sudin, pihak Kementerian Pertanian tidak tertib administrasi. “Saya tidak menyalahkan Menteri Pertanian. Saya salahkan eselon 1, termasuk sekjen. Cobalah tertib administrasi,” ujar Sudin sambil menuding ke arah perwakilan Kementerian Pertanian.

“Semakin lama semakin seenaknya nih. (Seharusnya) tiga hari sebelum rapat, bahan sudah ada di anggota masing-masing. Kemarin sore baru tiba,” lanjut dia. 

Sudin kemudian memutuskan, rapat kerja ditunda hingga pukul 13.00, dengan jaminan pihak kementerian bahwa Syahrul Yasin Limpo hadir pada waktu tersebut. Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) meminta maaf kepada anggota Komisi IV karena sudah terlambat hadir di rapat kerja (raker) bersama. 

Baca Juga: Telat Hadir di Raker DPR, Komisi IV Minta Mentan Mengundurkan Diri
Dari Pranata Mangsa ke Data ENSO, Perjalanan Petani Padi Mengenal Iklim

"Saya minta maaf karena tadi ada ratas (ratas terbatas) dengan presiden dan kami salah karena baru malam (baru menyampaikan agenda tersebut)" ungkapnya. 

Rapat itu sedianya membahas ketersediaan pangan jelang Ramadan dan hari besar keagamaan nasional, strategi peningkatan produksi pertanian pada tahun ini, program prioritas 2023, dan berbagai isu aktual lain.

Video Terkait