Digugat, Departemen Pertanian AS Tetap Dukung Pelabelan Organik pada Produk Hidroponik

Ilustrasi - Pertanian hidroponik. (Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Jumat, 18 Februari 2022 | 16:10 WIB

Sariagri - Menteri Pertanian Amerika Serikat (AS), Tom Vilsack mendukung pelabelan organik pada tanaman hidroponik. Sebelumnya, pada Januari 2019  Pusat Keamanan Pangan mengajukan petisi kepada Departemen Pertanian AS (USDA).

Petisi itu meminta agar USDA mengeluarkan aturan pengecualian produk hidroponik dari sertifikasi organik dan mencabut sertifikasi organik yang ada sebelumnya untuk budidaya tanaman hidroponik.

Tapi, USDA menolak petisi itu dengan alasan Program Organik Nasional secara konsisten mengizinkan sertifikasi hidroponik telah sejalan dengan Undang-undang Produksi Makanan Organik.

Melansir Hortidaily, menyikapi penolakan USDA, Pusat Keamanan Pangan bersama praktisi pertanian ogranik, asosiasi petani organik dan sertifikasi organik menentang dengan menggunakan UU Prosedur Administratif di Distrik Utara California.

Tapi pengadilan di Distrik Utara itu menyatakan USDA tidak salah karena skema Undang-undang yang berlaku tidak mengecualikan hidroponik dari sertifikasi organik.

Penggugat kemudian mengajukan banding atas putusan pengadilan itu. Dalam pembukaannya, pemohon banding berpendapat pengadilan Distrik Utara California telah keliru. Mereka beralasan Undang-undang Perlindungan Makanan Organik di AS menyebutkan produk organik harus bersertifikat yaitu jika ditanam dengan cara yang bisa meningkatkan kesuburan tanah.

Baca Juga: Digugat, Departemen Pertanian AS Tetap Dukung Pelabelan Organik pada Produk Hidroponik
Pak Tomo, Pensiunan yang Mengubah Lahan Terbengkalai di Sudut Bangunan Megah Jadi Kebun Organik



Menurut pemohon banding, sistem hidroponik tidak sesuai dengan aturan yang ditekankan dalam UU itu karena praktik hidroponik tidak menggunakan tanah melainkan larutan nutrisi mineral.

Mereka berpendapat penolakan USDA dan putusan pengadilan yang mengizinkan sertifikasi hidroponik menjadi produk organik dan membebaskan kegiatan hidroponik dari komponen wajib membangun kesuburan tanah di bawah UU Perlindungan Makanan Organik telah melemahkan integritas Label Organik Bersertifikat USDA. 

Video:

Video Terkait