Bangun Greenhouse 5.000 Meter Persegi, Milenial Ini Budidayakan Sayur dan Buah

Mochammad Syalahuddin Sya’bana sukses berkebun hidroponik. (Tangkapan layar zoom)

Editor: Arif Sodhiq - Rabu, 9 Februari 2022 | 16:25 WIB

Sariagri - Selain menanam komoditas sayuran, Pohaci Farm juga membudidayakan tanaman buah khususnya melon. Perkebunan hidroponik yang dikembangkan Mochammad Syalahuddin Sya’bana (28) berada di Nagrak Utara, Sukabumi, Jawa Barat.

Milenial yang akrab disapa Dede ini mengatakan dirinya mempunyai dua greenhouse untuk komoditas sayuran dan untuk melon empat unit. Total luas perkebunan hidroponik yang dikelola Dede mencapai 5.000 meter persegi.

“Target pasar melon itu ke hotel dan swalayan. (Alasan memilih greenhouse) pertama tingkat kerusakan pada tanaman sedikit terbantu, dengan cuaca juga kita gak berpengaruh, di saat musim hujan kita masih bisa menyemai, tanam dengan nyaman,” ujarnya dalam webinar Intani, Rabu (9/2/2022).

Dede mengungkapkan ilmu bertani sistem hidroponik didapatkan secara otodidak, dengan melihat berbagai referensi dari media sosial Youtube. Sebelum membangun greenhouse dengan, dia lebih dulu mempelajarinya melalui instalasi kecil di rumahnya.

“Saya belajar untuk mendalami itu sekitar empat bulan, sampai saya rasa yakin sudah bagus saya baru berani ke bidang usahanya,” ungkapnya.

Lahan yang dibangun greenhouse saat ini, kata dia, melalui sistem kontrak dengan masyarakat sekitar. Menurut dia, saat ini telah terjadi krisis petani dimana banyak lahan pertanian tidak digarap dan terbengkalai.

“Lahan yang kita pakai itu salah satunya seperti itu, ada anak petani sudah dewasa namun mereka tidak bertani sedangkan mereka lebih memilih ke kota akhirnya tanah yang belum terpakai itu tidak terurus. Kita sewa itu, kita kontrak per 10 tahun ada yang lima tahun sekali,” katanya.

Budidaya pertanian di kebun hidroponik

Dede menjelaskan bertani sistem hidroponik tidak sepenuhnya menggunakan bahan organik. Dalam mengeola perkebunannya, dia berupaya meminimalisir penggunaan bahan kimia.

Baca Juga: Bangun Greenhouse 5.000 Meter Persegi, Milenial Ini Budidayakan Sayur dan Buah
Bisa jadi Pilihan, Budidaya Kelapa Kopyor Genjah Punya Potensi Ekonomi Menjanjikan

“Di waktu-waktu tertentu kita pakai bahan kimia, cuma kita takar dengan sedemikian rupa jangan sampai terlalu berlebihan,” katanya.

Dede menyebutkan penyakit tanaman yang kerap menghantui perkebunan hidroponik adalah jamur karena kelembapan greenhouse.

“Apalagi musim kemarin, Desember curah hujan tinggi, rata-rata kena jamur,” tambahnya.

Dede menambahkan dalam menjalankan usaha hidroponiknya, dia  memberdayakan 20 tenaga milenial untuk merawat greenhouse-nya.

Video:

Video Terkait