Gubernur Lampung Minta Kepala Desa Menjadi Motor dalam Sosisalisasi Kartu Petani Berjaya

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi (Dok. Lampungprov)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 9 Februari 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi minta Kepala Desa di Lampung menjadi motor dalam mensosialisasikan Kartu Petani Berjaya (KPB) didesanya, selain itu Kepala Desa juga diharapkan dapat menjadi contoh dan tauladan dalam penggunaan KPB bagi petani karena sebagian besar kepala desa di Lampung juga berprofesi sebagai petani.

"Saya mengajak semua Kepala Desa untuk maju bersama, bersinergi dalam membangun desa dengan program ekonomi kerakyatan Kartu Petani Berjaya," ucap Gubernur Arinal Djunaidi saat menyerahkan bantuan mobil Ambulan untuk 6 desa dan 1 mobil operasional untuk Penyuluh Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Lampung, di Mahan Agung, Selasa (08/02).

Menurut Gubernur Arinal, Kartu Petani Berjaya memiliki banyak manfaat. KPB menjadi sarana produksi, akses, pembiayaan, penanganan panen dan pasca panen, pemasaran hasil, jaminan sosial, jaminan pendidikan pertanian bagi petani yang sukses.

Selain itu, menurut Gubernur Arinal, bagi petani yang memiliki Kartu Petani Berjaya ada kemudahan dalam pinjaman modal di perbankan yakni melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Saya yang menjamin, misalkan kamu petani mau pelihara kambing ajukan KUR, dengan Kartu Petani Berjaya, saya menjamin KUR untuk petani senilai 50 juta, yang bisa diperoleh secara bertahap sesuai dengan jenis usahanya. Tapi digunakan dengan benar," tegas Arinal.

Baca Juga: Gubernur Lampung Minta Kepala Desa Menjadi Motor dalam Sosisalisasi Kartu Petani Berjaya
Strategi Antisipasi Dampak Perubahan Iklim pada Sektor Pertanian

Adapun pada penyerahan bantuan ambulan kali ini, Gubernur Arinal menyerahkan bantuan 6 unit Ambulan, masing-masing 1 unit untuk Desa Rajabasa Kab. Lampung Timur, Desa Gedung Wani Timur Kab. Lampung Timur, Desa Sidang Sidorahayu Kab.Mesuji, Tiyuh Pulung Kencana Kab. Tulang Bawang Barat, Desa Tri Tunggal Jaya Kab. Tulang Bawang, Desa Mekar Jaya Kab. Lampung Selatan.

Kemudian 1 Unit Mobil operasional kepada Fakultas Pertanian Universitas Lampung untuk mendukung program Klinik Pertanian Keliling.

Video Terkait