Tak Selalu Merugikan, Ternyata 3 Hama Ini Bisa Bikin Tanaman Lebih Sehat

Ilustrasi siput. (pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Sabtu, 29 Januari 2022 | 15:30 WIB

Sariagri - Hama merupakan organisme yang sering dianggap merugikan bagi petani. Serangan hama pada umumnya bisa menyebabkan tanaman layu, tidak tumbuh subur bahkan gagal panen.

Namun, tahukah kamu ternyata tak semua hama bisa merugikan bagi tanaman. Di saat dan lokasi yang tepat hama-hama ini cenderung bermanfaat bagi tanaman.

Mengutip dari laman Grow Veg, ini 3 hama yang bikin tanaman lebih sehat.

1. Hama Siput

Hama siput seringkali merugikan para penggiat kebun lantaran sering memakan daun dan batang tanaman. Namun ternyata, di balik kerugian tersebut siput rupanya bisa mendatangkan manfaat bagi tanaman, khususnya pada pembuatan kompos organik.

Siput mampu memencah kanungan bahan organik yang membuat media tanam kompos lebih subur dan sehat untuk tanaman. Tak hanya itu, telur siput juga bisa dijadikan makanan untuk predator yang ada di kebun. Dengan hal ini, secara tidak langsung kamu mengundang predator untuk memakan hama yang ada di kebun.

2. Tawon

Rawon dewasa ampuh untuk mengusir hama tanaman, namun disisi lain larva tawon dapat merusak tanaman. Larva ini juga kerap dijadikan musuh lantaran dapat membuat sarang di area dekat kebun dan dapat menyengat.

Baca Juga: Tak Selalu Merugikan, Ternyata 3 Hama Ini Bisa Bikin Tanaman Lebih Sehat
Catat! Begini Cara yang Paling Efektif Mengusir Hama Kutu Putih pada Tanaman Mangga

Meski demikian, tawon rupanya punya peran penting untuk penyerbukan. Hewan karnivora satu ini juga mengonsumsi protein dari serangga-serangga kecil.

3. Earwig

Earwig merupakan serangga kecil yang gemar memakan buah dan daun sayuran. Namun rupanya mereka hanya memakan buah yang sudah rusak dan busuk karena kulitnya lebih lunak.

Video Terkait