Begini Langkah Tepat Merawat Tanaman dalam Pot Ketika Musim Hujan

Ilustrasi tanaman saat musim hujan (Timesofindia)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 27 Januari 2022 | 16:20 WIB

Sariagri - Seseorang yang sedang merawat tanaman seringkali menghadapi berbagai tantangan, salah satunya adalah musim penghujan. Pasalnya paparan air hujan yang berlebih bisa memberikan efek buruk pada tanaman, khususnya tanaman dalam pot.

Maka dari itu, penting untuk memastikan tanaman yang dirawat ketika musim penghujan agar tumbuh subur. Berikut langkat tepat merawat tanaman dalam pot ketika musim hujan, dikutip dari Times of India.

1. Letakkan Pot Tanaman dari Air Hujan

Penting untuk meletakkan pot tanaman ke ruangan yang cukup air namun tidak menerima air hujan yang berlebih atau hujan lebat. Hal ini dilakukan demi menghindari erosi tanah.

2. Cek Kondisi Pot

Apabila terlihat genangan air di pot tanamanmu, penting untuk memastikan lebih dekat pada sistem drainase potnya. Bila air tergenang dalam bagian bawah atau tatakan pot, kamu perlu mengeluarkan air tersebut. Hal ini dilakukan demi mencegah adanya nyamuk yang mengganggu kesehatan.

3. Beri Tanah di Bagian atas Media Tanam

Apabila tanah atau media tanam tidak terlalu berpori atau tidak mudah meresap, maka lumut atau jamur mulai terbentuk di pot tanamanmu. Untuk mengatasinya, kamu perlu mencampurkan tanah di atas media tanam untuk melonggarkannya sedikit.

Baca Juga: Begini Langkah Tepat Merawat Tanaman dalam Pot Ketika Musim Hujan
Simak, Ini Keuntungan Menggunakan Pot Tanah Liat ketika Berkebun

4. Beri Pupuk

Tanaman yang terkena hujan lebat seringkali kehilangan nutrisinya. Maka dari itu, ide terbaik adalah menggunakan pupuk organik dengan realisasi lambat selama waktu ini. Hal ini dilakukan demi memastikan tanaman dapat nutrisi yang dibutuhkan.

5. Kurangi Instensitas Penyiraman

Selama musim hujan, tanaman yang terlalu banyak disiram akan menyebabkan busuk akar hingga akhirnya membuat tanaman mati. Oleh karenanya, kurangi instensitas penyiraman selama musim hujan.