Petani yang Mengembangkan Produk Bisa Daftar ke UMKM Hebat, Ini Link Daftarnya

Produk hasil pertanian. (Sariagri/Sugih Arto)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 26 Januari 2022 | 18:35 WIB

Sariagri - Bagi para petani yang tengah menjalankan sebuah produk berskala Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) atau baru berencana membangun sebuah UMKM pertanian, kamu bisa masuk kepada dua kriteria tersebut maka berhak untuk mengikuti program UMKM Hebat.  

Program UMKM Hebat merupakan program yang diinisiasi oleh Yayasan KAGAMA Bhakti Nusantara (YKBN) atau yayasan besutan alumnus UGM. Program ini hadir sebagai usaha memajukan perekonomian negeri melalui penyediaan wadah pembinaan dan pemberdayaan untuk UMKM dalam negeri.  

Program UMKM Hebat berfokus untuk mendukung dan memajukan UMKM Indonesia agar dapat bersaing di Industri 4.0 atau dunia digital.

Di Indonesia, lebih kurang terdapat 64 juta UMKM yang berkontribusi terhadap 60.3% produk domestic bruto (GDP) nasional. Inisiatif program UMKM Hebat tidak lain adalah membuat kegiatan-kegiatan UMKM tersebut dalam platform digital. Dengan begitu, UMKM di Indonesia akan dapat membuka network dengan rantai perdagangan global.

Sebagai sebuah platform edukasi dan inkubasi, UMKM Hebat mempunyai dua program unggulan. Pertama adalah learning management system (LMS). Melalui LMS, para pelaku dan pegiat UMKM dapat memperoleh berbagai macam pelatihan, dalam bentuk video dan modul, untuk pengembangan UMKM mereka. Selain itu, program UMKM Hebat juga secara intens mengadakan webinar yang ditujukan menjadi wadah transfer knowledge antar pelaku UMKM dengan tokoh-tokoh inspiratif. 

Silahkan daftarkan diri Anda pada laman training.umkmhebat.id untuk mendapatkan berbagai pelatihan pengembangan usaha. Kemudian silahkan ikuti akun media sosial program UMKM Hebat di instagram dan facebook untuk mendapatkan informasi dan mengikuti webinar UMKM. 

Obrolan UMKM Hebat: dari Tak Biasa Menjadi Luar Biasa 

Pada Minggu, (23/1) lalu, program UMKM Hebat kembali mengadakan webinar UMKM yang menghadirkan Irma Suryati selaku founder Mutiara Handicraft dan Ilham Pinastiko selaku founder Pala Nusantara. Mutiara Handicraft merupakan UMKM yang memberdayakan para penyandang disabilitas untuk memproduksi produk-produk kerajinan.

Dengan produk utama keset berkarakter, Mutiara Handicraft berhasil meraih omset sampai ratusan juta. Sedangkan Pala Nusantara merupakan UMKM yang memproduksi berbahan dasar kayu dan pernah meraih omset 1,2 miliar rupiah. 

Baca Juga: Petani yang Mengembangkan Produk Bisa Daftar ke UMKM Hebat, Ini Link Daftarnya
Wagub Jatim Sebut Konsep Agromedis FK Unej Cocok dengan Kondisi Masyarakat Jatim

Webinar turut dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), Sandiaga Salahudin Uno. Sandiaga menuturkan bahwa saat ini pemerintah tengah berorientasi pada pemulihan ekonomi setelah tertekan lebih kurang dua tahun akibat pandemi Covid-19. Oleh karena itu, pemerintah sangat mendorong terjadinya pemanfaatan teknologi digital. 

“Peluang ekonomi ternyata ada di depan mata bagi yang bisa melakukan transformasi (kepada digitalisasi), dan peluang terbuka luas untuk menciptakan lapangan kerja,” pungkas Sandiaga ketika memberi kata sambutan.

Video Terkait