Begini Cara Memanfaatkan Limbah Dapur untuk Menyuburkan Tanah

Ilustrasi limbah. (pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 26 Januari 2022 | 18:50 WIB

Sariagri - Membuat kompos merupakan cara bagus untuk mendaur ulang sampah dapur dan memperbaiki tanah kebun secara gratis. Namun, tak semua orang memiliki ruang yang dibutuhkan untuk mengomposkan tanah. Belum lagi kemungkinan sampah diacak-acak hewan peliharaan.

Dan ternyata, untuk menyuburkan tanah, tidak harus menggunakan pupuk kompos tanah bisa menggunakan limbah sampah dapur yang ada di rumah. Mendaur ulang sampah dan membuatnya menjadi kompos adalah cara yang paling tepat untuk memperbaiki tanah dikebun kamu menjadi lebih subur.

Sayangnya, kebanyakan orang tak memiliki lahan yang cukup untuk membuat kompos tanah. Untuk menyuburkan tanah tidak perlu menggunakan pupuk kompos tanah. Kamu dapat memanfaatkan limbah sampah dapur.

Berikut beberapa kiat tentang cara menyuburkan tanah tanpa pupuk kompos:

CANGKANG TELUR

Bilas kulit telur (ayam, bebek, puyuh atau apa pun) yang sudah tidak terpakai. Biarkan mengering selama beberapa hari dalam mangkuk di ambang jendela yang cerah.

Kulit telur yang kering akan cepat hancur saat akan ditambahkan ke tanah. Perlu tahu kalau kulit cangkang yang hancur bisa memperbaiki drainase dan penambahan kalsium yang sangat baik untuk mendorong pertumbuhan tanaman.

Bisa juga mencegah pembusukan pada tomat dan tanaman sejenis labu. Dapat mencegah keong dan bekicot di sekitar tanaman.

Sebarkan cangkang telur yang sudah dihancurkan di sekitar bibit muda untuk mengusir hama-hama tersebut.

Jika kamu memiliki mesin penggiling kopi atau pengolah makanan atau food processor, akan mempermudah menghancurkan kulit telur.

AMPAS KOPI

Bubuk kopi bisa ditambahkan langsung ke tanah. Bertindak sebagai pupuk umum, menambahkan bahan organik, meningkatkan drainase, retensi air dan aerasi tanah.

Ketika bercampur dengan tanah, ampas kopi akan terus menambahkan nitrogen yang sangat baik untuk pertumbuhan tanaman.

Bubuk kopi bekas tidak akan mempengaruhi tingkat PH tanah kecuali digunakan dalam jumlah yang sangat terkonsentrasi.

Namun, bubuk kopi yang belum digunakan selalu menjadi pilihan bagus untuk tanaman yang memerlukan asam.

Jangan khawatir jika ampas kopi terlihat sedikit berjamur. Hal ini merupakan bagian dari proses pemecahan yang alami dan tanda bahwa itu berfungsi. Jika kamu bukan peminum kopi, kantong teh juga bagus untuk tanah loh.

KULIT PISANG

Menambahkan kulit pisang adalah cara lain untuk memperbaiki kualitas tanah. Kulit pisang dapat ditambahkan langsung ke tanah setelah dicacah menjadi potongan-potongan yang sangat kecil karena akan terurai lebih cepat dan menawarkan semua mikro-organisme di tanah lebih banyak.

Kulit pisang menciptakan banyak bahan organik baru, menghasilkan tanah yang ringan, kering dan subur lantaran banyak cacing.

Kulit pisang yang terurai menghasilkan nutrisi, kalsium, magnesium, sulfur, fosfat, kalium dan natrium, yang semuanya membantu tanaman tumbuh dengan baik serta mengembangkan buahnya.

Video Terkait



Baca Juga: Begini Cara Memanfaatkan Limbah Dapur untuk Menyuburkan Tanah
Cara Nicholas Saputra Kurangi Sampah Plastik