Tahun Ini Harga Pupuk Diprediksi Naik, Ini Penyebab Utamanya

Ilustrasi pupuk organik cair (Foto:Pixabay)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 24 Januari 2022 | 19:45 WIB

Sariagri - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan harga pupuk 2022 akan mengalami kenaikan. Penyebabnya kenaikan harga fosfat di dunia yang berimbas pada harga pupuk di dalam negeri. 

"Ada masalah di pupuk sebentar lagi. Harga pupuk di dunia naik, fosfat akan naik tiga kali lipat harganya. Bahkan Cina tidak mengeluarkan fosfatnya sekarang," ujar Mentan dalam rapat kerja (raker) bersama Komisi IV DPR RI, Senin (24/1/2022).

Dikatakan Mentan, berdasarkan keputusan ratas bersama Presiden Jokowi, pupuk subsidi tidak akan mengalami kenaikan harga. Namun untuk jenis pupuk lain, lanjut dia, tetap harus ada penyesuaian. 

"Persoalan ini akan naik. Saya takut ini akan meledak di perut jika tidak saya omongkan sekarang (kepada DPR). Oleh karena itu, kemarin atas kebijakan Bapak Presiden dalam suatu ratas, pupuk subsidi tidak akan naik tetapi pupuk lain harus dilakukan penyesuaian," jelasnya.

Baca Juga: Tahun Ini Harga Pupuk Diprediksi Naik, Ini Penyebab Utamanya
Kementan Jamin Stok Pupuk Subsidi Petani Jawa Tengah Aman

Untuk mengantisipasi kenaikan hatga pupuk, Kementerian Pertanian (Kementan) telah melakukan langkah agar petani tidak terlalu merasakan dampak kenaikan harga pupuk dunia. Pihaknya akan melakukan pelatihan kepada petani terkait penggunaan pupuk organik. 

"Oleh karena itu target kami mengajarkan bagaimana pupuk berimbang dan tidak menggunakan pupuk kimia itu 1 juta petani," pungkasnya. 

Video: