Pria Ini Manfaatkan Limbah Kayu untuk Budidaya Jamur

Jamur menyerap karbon.(Pixnio)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 24 Januari 2022 | 13:20 WIB

Sariagri - Dikira pemuda zaman sekarang tidak bisa bertani? Ops, tunggu dulu, I Gede Artha Sudiarsana, pemuda asal Bali ini mampu membuktikan dirinya sebagai petani muda yang cukup sukses di kaum milenial saat ini.

Diawali dari lingkungan yang warganya mayoritas sebagai pengolah kayu, serta rasa keprihatinannya terhadap kondisi pertanian di desanya yang pada waktu itu masih belum terkelola dengan baik, akhirnya I Gede Artha menemukan ide untuk membudidaya jamur dari bahan limbah kayu tersebut.

Budidaya jamur ini, ia rintis ketika berada di semester 4 di Universitas Udayana Bali. Pemuda kelahiran Pidpid, 5 Februari 1995 ini juga menjadi Wakil Ketua UYEC pada periode 2014-2015. 

Selain bududaya jamur Gede juga membentuk kelompok tani yang diberi nama "Pertiwi Mesari". Seiringnya waktu, ia juga memperoleh kepercayaan sebagai salah satu Duta Petani Muda pada tahun 2016 lalu dari Dinas Pertanian.

"Mayoritas petani di sini adalah orangtua sehingga adopsi terhadap perkembangan teknologi pertanian sangat rendah. Pertaniannya pun masih subsisten dan belum berorientasi pada market.” Ujarnya, dilansir dari petanimuda.co.id.

Selain itu ia juga menambahkan "Saya tergerak kembali ke desa karena pertaniannya belum terkelola dengan baik. Di sini masih banyak lahan yang tidak produktif, rata-rata ditumbuhi semak belukar,” tambahnya.

Menariknya, Gede juga mendapatkan dukungan pemodalan usahanya dari Bali Bhakti yaitu sebuah organisasi yang memberikan bentuk perhatian pinjaman dana terhadapgenerasi rintisan atau start up (usaha rintisan).

Baca Juga: Pria Ini Manfaatkan Limbah Kayu untuk Budidaya Jamur
Jamur Pom Pom: Bentuknya Lucu, Rasanya Lezat dan Banyak Khasiatnya

Mengingat daya pemasaran yang kini semakin meningkat, Gede mendapat perhatian dari beberapa kalangan yang sangat antusias untuk mencoba dan memulai bududaya jamur tersebut.

Kabar baiknya, Gede juga tengah mengembangkan usaha budidaya jamurnya berbagai macam jenis jamur yaitu, jamur tiram, jamur coklat dan pink. Wow, menarik bukan ! jadi bagaimana menurut kalian tertarik tidak untuk siap memulai petani muda bududaya jamur seperti I Gede Artha Sudiarsana. Penasaran ? Kepoin di akun instagram @gedejamur.
 

Video Terkait