Pemanfaatan Sekam Padi, yang Mampu Jadi Pembangkit Listrik

Ilustrasi sekam padi (Foter)

Editor: Tanti Malasari - Minggu, 23 Januari 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Kebanyakan orang mengira, sekam padi hanya digunakan untuk penggunaan media tanam. Namun ternyata manfaatnya bisa lebih dari itu. Hal ini terbukti dari sekam padi ternyata bisa dijadikan pembangkit listrik.

Negara India merupakan salah satu negara yang sudah berhasil memanfaatkan sekam padi dengan maksimal. Contohnya saja negara India. Pemerintah disana berhasil menjadikan sekam padi ini menjadi listrik. Hal ini dilakukan atas kegelisahan pada limbah padi India yang sudah terlalu banyak.

Dikutip dari laman researchgate yang ditulis oleh Alaric Francis Santiaguel, Rabu (25/3/2020) bahwa salah satu pendiri dan CEO dari Husk Power Systems (HPS) adalah Pandey.

Menurutnya dalam pemberdayaan desa perihal ini perusahaan hanya mendesain, menginstal, dan mengoperasikan pembangkit listrik mini menggunakan Biomass Gasification Technology.

Adapun proses yang dilakukan untuk memanfaatkan sekam padi menjadi listrik ini kemudian dilanjutkan dengan cara dibakar. Tujuannya agar tetap dikendalikan oksigen agar menghasilkan gas yang cukup bertenaga.

Pembangkit listrik mini dari memanfaatkan sekam padi ini memang dikendalikan sendiri oleh penduduk setempat. Tetapi sebelum diserahkan kepada penduduk setempat secara penuh, mereka dilatih dulu oleh Husk Power Systems (HPS).

Baca Juga: Pemanfaatan Sekam Padi, yang Mampu Jadi Pembangkit Listrik
Terapkan Pertanian Ramah Lingkungan, Indonesia dan Brunei Paparkan Strategi Pengendalian Hama Terpadu

Dalam pembangkit listrik mini ini, mampu menghasilkan 25Kw hingga 100Kw listrik untuk menyalakan 2 buah lampu dan 1 pengisian daya untuk ponsel setiap harinya.

Pada tahun 2014 HPS merencanakan perluasan produksi ke lebih dari 6.500 daerah pedesaan. Dengan ini HPS juga memperkirakan bahwa lebih dari 10 juta orang akan merasakan manfaat dari daur ulang sekam padi ini.

Video Terkait