Mengenal Padi Raksasa China yang Bisa Beri Makan Lebih Banyak Jiwa

Ilustrasi padi raksasa. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Reza P - Sabtu, 22 Januari 2022 | 20:00 WIB

Sariagri - Tidak hanya di Indonesia, padi juga terdapat di China. Salah satu yang dibudidayakan China adalah padi raksasa.

Melansir sejumlah sumber, padi raksasa tersebut tumbuh dengan tinggi dua meter. Ukuran tersebut berukuran dua kali lebih tinggi dari padi biasa.

Padi raksasa dibudidayakan di Chongqing, China Barat Daya dengan lahan seluas 15 mu atau 10 ribu meter persegi.

Untuk membudidayakan padi tersebut telah dilakukan penelitian sebelumnya selama 10 tahun. Padi ini diklaim dapat memberi makan lebih banyak.

Dalam satu tangkai padi raksasa terdapat sekitar 500 butir beras yang dihasilkan.

Meski menjulang tinggi, padi raksasa ini memiliki batang yang kokoh. Bahkan, tanaman ini juga tahan terhadap banjir dan tanah yang asin-alkali.

Selain itu, padi raksasa bisa membawa nutrisi yang cukup untuk tanaman di dekatnya dan menyediakan habitat terbaik bagi hewan air dan mamalia untuk berteduh.

Baca Juga: Mengenal Padi Raksasa China yang Bisa Beri Makan Lebih Banyak Jiwa
Catat! Begini Cara Pengendalian Hama Keong Mas pada Tanaman Padi

Sawah tempat padi tersebut hidup menyimpan air sedalam 60-80 sentimeter. Maka itu lahan akan kondusif untuk beternak ikan, udang, atau kepiting.

Tahun 2021, padi raksasa memang dibesarkan di Desa Changhong Chongqing bulan April lalu dan bibit ditanam pada bulan Mei. Hasil per mu mencapai 750-900 kilogram. 

Video Terkait