Alasan Kenapa Petani Masih Membajak dengan Kerbau Dibandingkan Traktor

Ilustrasi membajak sawah. (Pixabay)

Penulis: Gloria, Editor: Reza P - Jumat, 21 Januari 2022 | 11:15 WIB

Sariagri - Tenaga kerbau biasa dimanfaatkan oleh petani untuk membajak sawah. Namun di era modern ini, banyak petani sudah beralih membajak sawah dengan traktor.

Dengan traktor, membajak sawah dianggap lebih efisien dalam waktu. Selain itu mesin yang digunakan juga dianggap tidak akan melelahkan untuk petani.

Meski demikian, masih terdapat petani yang tetap mempertahankan penggunaan tenaga kerbau untuk membajak sawah. Apa alasan petani membajak sawah dengan kerbau?

Melansir sejumlah sumber, petani menilai membajak dengan kerbau lebih membantu untuk menjaga dan menyuburkan tanah. Selain itu, membajak dengan kerbau dianggap dapat bebas dari polusi.

Selain itu, dengan traktor dapat mengurangi kesuburan tanah karena penggunaan bahan kimia sebagai bahan bakar penggerak traktor. Akibatnya, tanah justru akan tercemar dan menjadi lebih keras.

Membajak dengan kerbau juga dinilai lebih baik dari traktor karena hasil persawahan yang dibajak lebih dalam. Bibit yang ditanam akan lebih merata.

Berbeda dengan traktor yang dinilai hanya menggali bagian permukaan tanah saja.

Tidak hanya itu, harga sewa kerbau juga lebih murah daripada traktor. Harga traktor cukup mahal sehingga tidak semua petani bisa memilikinya. Maka itu petani harus menyewa traktor dengan harga relatif mahal.

Sementara itu, bagi petani yang memiliki kerbau, membajak sawah pun tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan. Untuk yang tidak memiliki kerbau, petani dapat menyewanya dengan harga terjangkau.

Baca Juga: Alasan Kenapa Petani Masih Membajak dengan Kerbau Dibandingkan Traktor
Banjir Awal Tahun Sebabkan 3.023 Hektare Tanaman Padi di Aceh Gagal Panen

Selain itu, kotoran kerbau dapat dijadikan sebagai pupuk organik yang berguna sebagai penyubur tanah. Kerbau juga dapat menjangkau area persawahan yang sulit seperti di lereng bukit.

Selain kerbau, membajak sawah dapat memanfaatkan tenaga sapi. Namun kerbau dinilai lebih memiliki performa dan daya tahan di atas sapi.

Video Terkait