Lewat Ide Kreatif Kepala Desa, Petani di Daerah Ini Kembangkan Agrowisata Petik Jeruk

Desa Wisata Petik Jeruk (SariAgri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 20 Januari 2022 | 21:30 WIB

Sariagri - Berawal dari ide yang digagasnya untuk membangun desa, membuat pria asal Sumatera Barat ini berhasil mendirikan agrowisata khusus komoditas buah jeruk. Agrowisata tersebut terletak di Nagari Andiang, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota.

Dia adalah Gusfialdi, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Andiang ini menjelaskan bahwa dahulu lahan tersebut merupakan lahan tidur. Namun, di tangan kreatifnya hampir 80 persen sudah menjadi lahan produktif yang ditanami buah jeruk.

Baca Juga: Lewat Ide Kreatif Kepala Desa, Petani di Daerah Ini Kembangkan Agrowisata Petik Jeruk
Jadikan Burung Hantu sebagai Satpam, Cara Kreatif Petani Daerah Ini untuk Perangi Hama Tikus

“Jadi terpikir jeruk, jeruk kan tidak terlalu susah pengembangannya tanahnya cocok sekitar 600-700 mdpl. Disitu saya coba lah untuk menghadirkan jeruk, terus kita bekerjasama dengan Dinas Pertanian untuk konsep agrowisata,” ujarnya dalam webinar Intani, Rabu (19/1/2022).

Dia menyebutkan bahwa dirinya mulai terjun untuk berkebun jeruk pada tahun 2015, setelah satu tahun berselang hasil dari tanaman jeruk tersebut sudah mulai terlihat. Dikatakannya, antusiasme warga pun hadir ketika melihat keberhasilan perkebunan itu.

Gusfialdi, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Andiang. (Jebretan layar)
Gusfialdi, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Andiang. (Jebretan layar)

Video Terkait