Kesehatan Tanah Adalah Kunci Pertanian Masa Depan

Ilustrasi - Lahan pertanian.(Pixnio)

Editor: Arif Sodhiq - Kamis, 20 Januari 2022 | 15:10 WIB

Sariagri - Kesehatan tanah disebut menjadi kunci masa depan pertanian sehingga petani perlu mengutamakan regenerasi tanah yang telah mengalami degradasi.

Jon Stika mantan instruktur kesehatan tanah Layanan Konservasi Sumber Daya Alam, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) menyebutkan regenerasi tanah terdiri dari kegiatan mengelola aktivitas pertanian yang dapat mengembalikan fungsi tanah, termasuk di dalamnya infiltrasi air dan siklus nutrisi.

Berdasarkan pengalamannya, tanah yang telah terdegradasi dapat menurunkan hasil panen. Selain itu, air akan menggenang atau menghilang dari tanah.

Jon Stika menekankan, salah satu faktor terpenting dalam mengembalikan kesehatan tanah adalah fokus pada biologi tanah dengan pengelolaan mikroba tanah.

"Setelah faktor biologi tanah dihidupkan kembali dan dipertahankan keberadaannya, biaya input seperti pupuk, pestisida, bahan bakar dan tenaga kerja dapat menurun secara signifikan. Ini akan berkontribusi pada peningkatan margin keuntungan usaha tani," ujar Jon Stika dikutip Agdaily.

Di sisi lain, kata Jon, upaya regenerasi tanah juga dapat memberikan peluang keuntungan lain yang bisa dimanfaatkan petani melalui kredit karbon.

"Tanah pertanian yang dikelola dengan memulihkan kesehatan tanah dapat menyimpan karbon dari udara yang diserap melalui tanaman," kata Jon Stika.

Dikatakan Jon, peningkatan bahan organik tanah (karbon) merupakan proses biologis yang bisa terjadi jika perkembangbiakan mikroba tanah bisa didorong.

"Transisi tanah terdegradasi menjadi tanah subur kaya mikroba tidak dapat terjadi dalam semalam, tetapi dibutuhkan waktu beberapa tahun. Tapi prinsipnya untuk meningkatkan kesehatan tanah tidak rumit," jelasnya.

Jon Stika memaparkan, beberapa prinsip yang harus dilakukan antara lain pengolahan tanah minimum, penanaman beragam (tumpang sari), memasukkan sebanyak mungkin akar tanaman hidup ke dalam tanah dan menanam tanaman penutup tanah (cover crop).Baca Juga: Kesehatan Tanah Adalah Kunci Pertanian Masa Depan
Ini Jawaban Kenapa Tanah Vulkanik Sangat Subur Cocok untuk Pertanian dan Perkebunan



Dia menekankan, prinsip itu dapat menciptakan habitat yang dibutuhkan organisme tanah untuk mengembalikan kesehatan dan kesuburan tanah serta menyerap karbon dari atmosfer.

"Memulihkan kesehatan tanah juga akan mendukung pertanian agar tetap layak secara ekonomi bagi petani yang menanam tanaman dan bisnisnya," pungkasnya.

Video:

Video Terkait