Catat! Begini Cara Pemberian Pupuk untuk Memperbanyak Anakan Padi

Tanaman padi.(Unplash)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 11 Januari 2022 | 22:00 WIB

Sariagri - Pada kegiatan usaha tani padi, setiap petani sudah pasti mengharapkan hasil panen yang maksimal. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil panen padi adalah jumlah anakan padi.

Anakan padi merupakan batang padi yang muncul dari batang utama, lalu mengeluarkan batang anakan lain yang dapat menghasilkan malai.

Oleh karena itu, para petani harus melakukan berbagai macam cara untuk memperbanyak anakan padi. Salah satu cara yang bisa dilakukan ada pemberian pupuk yang tepat supaya anakan padi berlimpah.

Pemberian Pupuk untuk Memperbanyak Anakan Padi

Mengutip dari cybext pertanian, Pupuk Nitrogen (N) sering dikenal dengan nama pupuk Urea merupakan salah satu unsur pendorong pembentukan daun dan anakan padi. Pemberian pupuk Nitrogen bisa diberikan pada umur tanaman sudah berumur 14 Hari Setelah Tanam.

Selain itu, pemberian pupuk SP-36 juga sangat diperlukan karena pupuk ini memiliki nutrisi yang sangat penting untuk menguatkan akar dan tentunya memperbanyak anakan padi. Oleh karenanya, pemberian pupuk SP36 bisa dikombinasi dengan pupuk Urea sekaligus.

Penambahan Zat Perangsang Tubuh

Pemberian bahan tambahan juga perlu di lakukan setelah padi mulai dewasa namun belum berbuah, sehingga tanaman padi akan semakin bertambah subur. Pemberian unsur ini bisa di lakukan dengan zat seperti auksin, sitokinin dan giberelin.

Tak hanya itu, pemberian pupuk organik padat juga perlu di lakukan untuk menambah kesuburan tanaman dan proses perkembangan tanaman semakin cepat juga bisa memperbaiki tanah yang rusak akibat pupuk kimia.

Video Terkait