Jangan Dibuang! Ini Manfaat Teh Kompos dan Cara Pembuatannya

Ilustrasi teh kompos. (Istimewa)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 29 Desember 2021 | 12:50 WIB

Sariagri - Kompos teh adalah ramuan sehat yang melindungi serta mendorong pertumbuhan tanaman. Sobat agri dapat menggunakannya untuk menjaga tanaman tumbuh dengan cepat dan sehat.

Kompos teh biasanya digunakan sebagai semprotan ke daun tanaman selama masa stres termasuk akibat fluktuasi suhu dan kerusakan akar.

Seperti teh asli dan teh herbal, Kompos teh kaya nutrisi dan dikemas dengan vitamin dan antioksidan. Selain itu ia juga penuh dengan mikroorganisme yang bermanfaat dan bahan organik lainnya yang mendorong pertumbuhan.

Mengutip senchateabar.com, Kompos teh dibuat dari bahan organik yang dipecah dari tumpukan kompos. Secara alami dibuat dari tumpukan kompos dan dikenal sebagai lindi. Produk sampingan dari pengomposan cacing dan pengomposan tradisional ini terbentuk di bagian bawah tong kompos.

Berikut Ini Manfaat Kompos teh


Menambahkan Nutrisi

Kompos teh penuh nutrisi yang membantu tanaman tumbuh sehat dan cepat. Tanaman yang dirawat dengan Kompos teh cenderung lebih kuat dan lebih toleran terhadap stres dibandingkan tanaman lain.

Mendorong Pertumbuhan Tanaman

Pupuk cair ini mendorong tanaman untuk menumbuhkan daun yang lebih besar dan menghasilkan panen yang lebih sehat serta bunga yang lebih cerah. Nutrisi dalam Kompos teh juga mendukung hasil buah dan sayuran yang lebih tinggi.

Mencegah Penyakit

Kompos teh mengandung bakteri menguntungkan yang membantu melindungi tanaman dari penyakit. Mikroba bermanfaat ini disemprotkan ke daun tanaman untuk mencegah invasi patogen berbahaya. Kompos teh secara efektif mencegah kerusakan daun yang disebabkan oleh hawar, jamur, dan jamur.Baca Juga: Jangan Dibuang! Ini Manfaat Teh Kompos dan Cara Pembuatannya
Beda Teh Hijau, Putih, Hitam, dan Oolong



Alternatif untuk Bahan Kimia Beracun

Salah satu alasan terbaik untuk menggunakan Kompos teh adalah sobat agri dapat melupakan pupuk beracun dan sarat bahan kimia. Pupuk beracun dapat membahayakan makhluk lain yang berguna seperti kepik dan cacing. Kompos teh juga menawarkan kekuatan tumbuh yang sama dari pupuk kimia tanpa efek negatif.


Bahan untuk membuat Kompos teh


Bahan-bahan yang dibutuhkan:

    - 2 ember kapasitas 5 galon
    - 1 kaleng penyiram
    - Kompos berkualitas tinggi
    - Air (kolam, hujan, atau air sumur)
    - Saringan (kain perban, kaos, karung goni)
    - Aditif organik (OPSIONAL)


Cara membuat Kompos teh


1. Isi ember 5 galon pertama sekitar 1/3nya dengan bahan kompos jadi
2. Isi sisa ember dengan air yang tidak mengandung klorin
3. Diamkan konsentrat teh selama 3 sampai 4 hari. Aduk campuran di pagi dan    sore hari setiap hari
4. Saring campuran Kompos teh ke dalam ember lima galon kedua
5. Sebelum mengoleskan cairan Kompos teh ke tanaman, tambahkan air untuk mengencerkan konsentrat teh dengan rasio 10:1 air teh
6. Oleskan atau semprotkan langsung ke daun tanaman. Untuk hasil terbaik, tambahkan 1/4 sendok teh minyak nabati seperti minyak sayur atau minyak kelapa ke dalam Kompos teh saat digunakan sebagai semprotan daun.

Video Terkait