Salut! Presiden Jokowi Panen Bawang hingga Tanam Cabai Bersama Petani

Presiden Jokowi panen bawang hingga tanam cabai. (Instagram)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 17 Desember 2021 | 13:00 WIB

Sariagri - Kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan didampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membawa berkah bagi petani di Desa Lamuk Kabupaten Wonosobo, pada Rabu 15 Desember 2021. Sebab, Jokowi memberikan harapan kepada petani bawang untuk meningkatkan hasil panennya.

Pada kesempatan itu, Jokowi dan Ganjar berbincang dengan para petani cabai dan bawang. Bahkan keduanya ikut menanam cabai bersama petani setempat.

Salah seorang petani cabai mengaku sangat senang bisa berdekatan langsung dan bisa bareng menanam cabai dan panen bawang bersama orang nomor satu di Indonesia.

"Alhamdulillah, saya bersyukur masyarakat kecil bisa berdampingan dengan Pak Jokowi dan Pak Ganjar, alhamdulillah sekali," ungkap warga dengan bangga.

Selain menanam cabai, Jokowi juga mendengarkan curhatan para petani terkait harga bawang putih yang anjlok saat panen. Mendengar keluhan para petani, Kepala Negara langsung menelepon Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

"Pak Menteri, ini saya dengan para petani di Temanggung. Keluhan mereka semuanya sama, pada saat panen bawang putih itu impornya justru masuk, keluhannya selalu itu," ujar Presiden Jokowi.

Mendag Lutfi langsung merespons keluhan tersebut dan akan mengirimkan tim dari Kemendag untuk mengecek ke lapangan.

"Saya akan kirim tim untuk mengecek Bapak," kata Mendag Lutfi.

Ganjar juga mendengarkan dialog antara Jokowi dan para petani, menurutnya yang akan dibereskan bawang putihnya.

"Saya lagi mendengarkan dialog mereka. Seneng banget petaninya, minta Jokowi datang lagi untuk panen cabai dan panen bawang, hahahahha," kata Ganjar.

"Bawang putih termasuk horti, bawang putih the best. Makanya tadi Pak Jokowi telpon dengan Pak Menteri, bawang putih the best. Mungkin sebentar lagi yaa, agar petani saat panen menjadi dapat hasil yang paling baik, termasuk bibitnya yang the best," jelas Ganjar.

Secara geogafis daerah Temanggung dan Wonosobo menjadi salah satu sentra pertanian di Jawa Tengah, terutama hortikultura.

"Alhamdulillah, perhatian Pak Presiden Jokowi terhadap potensi ini luar biasa. Embung dibangun, kesulitan petani dibereskan. Apalagi melihat semangat sedulur-sedulur petani yang luar biasa," katanya.

Menurut Ganjar, dua wilayah tersebut, Wonosobo dan Temanggung menjadi peyangga ekspor pertanian Jawa Tengah ke 36 negara. "Semoga upaya ini menambah berkah," kata Ganjar menambahkan.

Baca Juga: Salut! Presiden Jokowi Panen Bawang hingga Tanam Cabai Bersama Petani
Resmikan Bendungan Bendo Ponorogo, Presiden Jokowi: Untuk Tingkatkan Produktifitas Pertanian

Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap produktivitas bawang merah di lokasi lumbung pangan (food estate) di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dapat terus meningkat.

"Kita harapkan dengan produktivitas yang semakin baik, intervensi di bibit, diharapkan pendapatan dari petani akan meningkat dan ini akan saya lihat setelah panen,"tukas Presiden Jokowi.

Video Terkait