Bantu Petani, Erick Thohir Kerahkan BUMN dengan Program Ini

Menteri BUMN Erick Thohir ingin petani terlibat dalam rantai pasok pangan. (Sariagri/Tatang Adhiwidharta)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 17 Desember 2021 | 12:10 WIB

Sariagri - Sosok petani di mata Menteri BUMN, Erick Thohir tak bisa dipandang sebelah mata. Ia melihat program agrosolusi, Makmur dari PT Pupuk Indonesia (Persero) bisa mendorong produktivitas pendapatan 'pahlawan ketahanan pangan' yakni petani.

Melalui akun Instagramnya Erick Thohir menjelaskan, Program Makmur merupakan hasil aspirasi dari petani di lapangan. Karena itu, untuk menambah produktivitas harus ada program khusus.

"Setiap turun ke daerah di akhir pekan dan bertemu langsung dengan masyarakat, saya bisa langsung menangkap program apa saja yang tepat untuk diterapkan di masyarakat. Begitu juga saat bertemu dengan para petani," ujar Erick.

Erick mengatakan petani merupakan pahlawan ketahanan pangan yang merupakan kebutuhan vital. Menurutnya, dengan menyejahterakan kehidupan petani, BUMN satu langkah lebih maju dalam mewujudkan Indonesia yang merdeka berdaulat.

"Program Makmur menjadi ekosistem penghubung antara petani dan pihak-pihak yang dapat memberikan pendampingan untuk meningkatkan produktivitas dan penghasilan petani. Petani makmur, Indonesia juga makmur," tambah mantan Presiden Inter Milan itu.

Baca Juga: Bantu Petani, Erick Thohir Kerahkan BUMN dengan Program Ini
Demi Menunjang Infrastruktur Pertanian, Kementerian BUMN Dukung Program Makmur Pupuk Indonesia

Erick mengatakan program Makmur merupakan sebuah terobosan yang dilakukan pemerintah dalam memperbesar pasar para petani. Ia menilai Program Makmur juga bentuk kolaborasi banyak pihak dalam membangun ekosistem yang terintegrasi bagi para petani.

"Kita BUMN coba jadi lokomotif. Sama pihak swasta tidak bersaing. Kita sama-sama tidak mau jadi menara gading, tetapi sudah seyogyanya para petani ini kita pastikan kehidupannya lebih baik. Bismillah Program Makmur ini kita coba gulirkan di beberapa daerah," pungkas Erick.

Video Terkait