4 Manfaat Pupuk Vitamin B1 untuk Aglonema dan Cara Penggunaannya

Ilustrasi tanaman hias aglonema. (Freepik)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 26 November 2021 | 17:00 WIB

Sariagri - Kegiatan berkebun merupakan salah satu hobi yang banyak dilakukan masyarakat Tanah Air selama pandemi COVID-19. Sebab, kegiatan satu ini dianggap dapat mengurangi stress ketika dirumah saja. Salah satu tanaman yang banyak digemari adalah aglonema.

Dalam perawatannya, aglonema membutuhkan pupuk supaya bisa tumbuh subur. Salah satu pupuk yang disarankan untuk diaplikasikan adalah pupuk vitamin B1. Pasalnya, pupuk satu ini sangat bagus untuk pertumbuhan, kesuburan dan kesehatan aglonema. Selain itu, pupuk ini juga mudah ditemukan di pasaran denga harga yang cukup terjangkau.

Ini 4 Manfaat Vitamin B1 untuk aglonema, dikutip dari kanal Youtube Flower Mix Manado.

1. Bantu Segarkan Tanaman Ketika Alami Stress

Tak hanya manusia, rupanya tanaman juga bisa mengalami stress. Untuk aglonema sendiri, kondisi stress bisa terjadi ketika baru ditanam di pot yang baru. Apalagi jika aglonema yang akan ditanam merupakan tanaman yang dibeli lewat online tanpa adanya media tanam.

Sebagai solusi untuk mengatasi hal itu, kamu bisa memberikan pupuk vitamin B1. Caranya cukup mudah, pertama-tama campurkan 8 hingga 10 tetes vitamin B1 ke dalam 2 liter air. Lalu aduk hingga tercampur rata, dan semprotkan secara rutin setiap sore. Dengan begitu, tanaman aglonema pun akan tampal lebih segar.

2. Merangsang Pertumbuhan Akar

Akar yang lebat dan kuat akan membuat aglonema menjadi lebih baik untuk tumbuh. Oleh karenanya pemberian pupuk vitamin B1 pada aglonema merupakan pilihan yang tepat. Sebab, pupuk satu ini dapat merangsang pertumbuhan akar secara rutin.

Cara penggunaannya adalah campurkan 8 hingga 10 tetes vitamin B1 dengan 2 liter air, lalu semprotkan secara merata setiap satu minggu sekali pada sore hari.

3. Segarkan Tanaman yang Dibeli Online

Jika kamu membeli aglonema lewat online, biasanya para penjual tidak memberikan media tanamnya. Hal inilah yang membuat tanaman menjadi tidak segar, apalagi jika pengirimannya memakan waktu yang lama.

Oleh karenanya, untuk mengembalikan aglonema supaya terlihat segar lagi kamu bisa menggunakan vitamin B1. Caranya rendam aglonema selama kurang lebih dua jam dengan campuran 3 liter air dan 8-10 tetes vitamin B1.

Baca Juga: 4 Manfaat Pupuk Vitamin B1 untuk Aglonema dan Cara Penggunaannya
Bunga Cantik Mirip Kembang Api yang Hanya Tumbuh dan Mekar di Bulan Desember

4. Menyuburkan Tanaman

Ketika kamu menanam aglonema untuk pertama kalinya atau pemindahan pot, penting untuk memberikan vitamin B1. Pasalnya, vitamin B1 sangat baik untuk membuat tanaman tumbuh subur, sehat dan menghasilkan daun yang lebat.

Dalam pengaplikasiannya, siram aglonema yang sudah ditanam pada pot dan media baru dengan campuran 8 sampai 10 tetes Vitamin B1 dan 3 liter air.

Video Terkait